PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Permanent URI for this community
Browse
Browsing PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) by Author "Abdul Waris"
Results Per Page
Sort Options
-
ItemSTRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH PADA PESERTA DIDIK KELAS 3 MTS GUPPI ULIDANG KECAMATAN TAMMERO’DO(Repository STAIN Majene, 2025-06-24) Abdul WarisPada penelitian ini, penulis mengambil topik mengenai strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata Pelajaran fikih. Pemilihan topik ini diambil sesuai dengan hasil observasi yang didapatkan. Penulis melihat keadaan di sekolah tersebut bahwa kurangnya minat peserta didik pada Mata Pelajaran fikih pada kelas 3 MTS Guppi Ulidang Kecamatan Tammero’do. Peneliti ingin melihat seperti apa Strategi Guru Fikih dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terutama pada mata Pelajaran Fikih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif Pada penelitian kualitatif ini adalah jenis penelitian yang menghasilkan informasi yang jelas berupa ucapan, tulisan, dan perilaku subjek yang diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi, adalah suatu penelitian ilmiah yang mengkaji dan menyelidiki suatu peristiwa yang dialami oleh seorang individu, sekelompok individu, atau sekolompok makhluk yang hidup. Adapun metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada Mata Pelajaran fikih pada kelas 3 MTS Guppi Ulidang Kecamatan Tammero’do, adalah dengan cara menggunakan metode dalam suatu proses pembelajaran. Dengan cara memotivasi, dan meningkatkan minat peserta didik dan memberikan penguatan tentang pentingnya suatu pendidikan, memberikan bimbingan, memberikan pengarahan dan memberikan pujian pada peserta didik yang belajar dengan baik serta terus menerus memberi semangat belajar, memberikan nilai, hukuman dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan adanya motivasi dan minat tersebut peserta didik diharapakan menjadi lebih aktif dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran ilmu fikih, ialah karena adanya dukungan dari sekolah dalam meningkatkan minat, serta semangat belajar peserta didik. Minat belajar tidak hanya berasal dari faktor lingkungan sekolah saja, ada faktor -faktor lain yang yang dapat mempengaruhi peserta didik dalam belajar, yaitu faktor lingkungan keluarga dan masyarakat.