Browsing by Author "ADIBA"
Results Per Page
Sort Options
-
ItemPENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs DDI MAJENE(STAIN MAJENE, 2022) ADIBASkripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran Fikih pada Peserta Didik Kelas VII di MTs DDI Majene, dilatar belakangi oleh adanya beberapa peserta didik yang masih kurang faham dalam pelajaran fikih. Ketepatan dalam menerapkan metode untuk kegiatan pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dari keberhasilan kegiatan pembelajaran. Permasalahan ini dimaksudkan untuk menjawab: (1) Bagaimana Penerapan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran Fikih pada Peserta Didik Kelas VII di MTs DDI Majene, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat Penerapan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran Fikih pada Peserta Didik Kelas VII di MTs DDI Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Prosedur pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi, data display dan kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil: (1).Pelaksanaan pembelajaran metode demonstrasi dalam proses pembelajaran fikih pada peserta didik kelas VII di MTs DDI Majene dilaksanakan mulai dari perencanaan dan pelaksanaan, dimana pelaksanaan meliputi: pendahuluan, inti, dan penutup. (2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu: Faktor pendudukung diantaranya, adanya kemampuan pedagogik yang dimiliki guru dalam menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran fikih serta adanya antusias atau keaktifan peserta didik yang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran fikih dengan menggunakan metode demonstrasi. Kemudian untuk faktor penghambatnya adalah sarana dan prasarana serta alokasi waktu yang kurang memadai
-
ItemPENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs DDI MAJENE(STAIN MAJENE, 2022) ADIBASkripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran Fikih pada Peserta Didik Kelas VII di MTs DDI Majene, dilatar belakangi oleh adanya beberapa peserta didik yang masih kurang faham dalam pelajaran fikih. Ketepatan dalam menerapkan metode untuk kegiatan pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dari keberhasilan kegiatan pembelajaran. Permasalahan ini dimaksudkan untuk menjawab: (1) Bagaimana Penerapan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran Fikih pada Peserta Didik Kelas VII di MTs DDI Majene, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat Penerapan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran Fikih pada Peserta Didik Kelas VII di MTs DDI Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Prosedur pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi, data display dan kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil: (1).Pelaksanaan pembelajaran metode demonstrasi dalam proses pembelajaran fikih pada peserta didik kelas VII di MTs DDI Majene dilaksanakan mulai dari perencanaan dan pelaksanaan, dimana pelaksanaan meliputi: pendahuluan, inti, dan penutup. (2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu: Faktor pendudukung diantaranya, adanya kemampuan pedagogik yang dimiliki guru dalam menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran fikih serta adanya antusias atau keaktifan peserta didik yang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran fikih dengan menggunakan metode demonstrasi. Kemudian untuk faktor penghambatnya adalah sarana dan prasarana serta alokasi waktu yang kurang memadai