Repository logo
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • Browse Repo STAIN Majene
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "AHMAD"

  • 0-9
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
Results Per Page
Sort Options
  • Item
    STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE 2019 (STUDI KASUS PADA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 MAJENE)
    (REPOSITORI STAIN MAJENE, 2021) AHMAD
    Pembelajaran masa pandemi covid-19 memiliki sejumlah permasalahan diantaranya smartphone, kuota, maupun jaringan. Hal inilah yang melatarbelakangi untuk melakukan penelitian terkait strategi pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 kelas VIII SMP 5 Majene. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dekriptif, informan pada penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, dan tiga siswa SMPN 5 Majene. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan pembelajaran PAI masa pandemi menggunakan sistem pembelajaran daring dan luring. Guru menyiapkan RPP dan LKPD, pembelajaran diawali dengan berdoa kemudian masuk pada inti pembelajaran, ditutup dengan membuat kesimpulan dan diakhiri dengan berdoa. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memberi tugas kepada siswa berupa lembar kerja; (2) Strategi pembelajaran mandiri (daring) dengan menginstruksikan peserta didik untuk mempelajari materi tertentu, menyimpulkannya, dan mengerjakan tugas. Strategi ekspositori (luring) dilaksanakan yakni guru menyampaikan inti-inti materi kepada siswa secara verbal atau lisan; (3) Kelebihan strategi pembelajaran mandiri yaitu siswa dirangsang untuk belajar mandiri, sedangkan kekurangannya adalah peserta didik kurang paham, mudah bosan/malas, aktivitas peserta didik yang tak terpantau, dan penilaian evaluasi yang kurang objektif. Kelebihan strategi ekspositori adalah peserta didik dapat terlibat aktif dan pembelajaran lebih mudah dimengerti, sedangkan kekurangannya adalah kondisi lingkungan belajar yang tak mendukung dan waktu pembelajaran yang sedikit.

Repositori Ilmiah STAIN Majene supported by DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback