Repository logo
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • Browse Repo STAIN Majene
  • Log In
    New user? Click here to register. Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Abdurrahman Rauf"

  • 0-9
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
Results Per Page
Sort Options
  • Item
    Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani Learning Loss di SD Negeri 019 Paropo Kecamatan Alu Kabupaten Polewali Mandar.
    (Repository STAIN Majene, 2025-10-29) Abdurrahman Rauf
    ABSTRAK Nama : Abdurrahman Rauf NIM : 10156121067 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani Learning Loss di SD Negeri 019 Paropo Kecamatan Alu Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa upaya yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani permasalahan Learning Loss yang ada pada peserta didik dan apa saja kendala yang dihadapi serta kelebihan yang didapatkan oleh Guru Pendidikan Agama Islam SD Negeri 019 Paropo Kecamatan Alu Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif Deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunaka triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani Learning Loss ini dengan tiga upaya yaitu: 1). Guru menerapkan motode pembelajaran demonstrasi kepada peserta didik; 2). Guru melakukan pendekatan refleksi ingatan; 3). Guru berkolaborasi dengan orang tua peserta didik. Adapun kendala yang di hadapi oleh Guru Pendidikan Agama Islam saat menangani Learning Loss ini yaitu peserta didik kurang memerhatikan penjelasan ulang yang disampaikan oleh guru, selanjutnya peserta didik sering kali bermain dan mengganggu teman yang lainnya saat proses pembelajaran berlangsung, serta kurangnya komunikasi antara guru dengan orang tua peserta didik. Adapun kelebihan yang didapatkan Guru Pendidikan Agama Islam setelah penanganan Learning Loss ini yaitu penggunaan demonstrasi dan pendekatan refleksi ingatan membuat peserta didik kembali aktif dalam proses pembelajaran dan juga melalui kolaborasi guru dengan orang tua peserta didik membuat komunikasi dan hubungan yang baik sehingga dapat meningkatkan kesadaran orang tua peserta didik untuk memerhatikan tugas tugas anaknya di rumah yang diberikan oleh gurunya di sekolah. Kata Kunci : Learning Loss, Metode Demonstrasi, Refleksi Ingatan, Kolaborasi.

Repositori Ilmiah STAIN Majene supported by DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback