Penelitian ini membahas tentang penerapan Teknik pembelajaran Probing
Prompting dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
Fiqih di kelas VIII MTs. DDI Lapeo. Adapun tujuan penelitian ini untuk
mengetahui apakah penerapan teknik pembelajaran Probing Prompting dalam
pembelajaran Fiqih dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII di
MTs. DDI Lapeo. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan
pendekatan eksperimen dan menggunakan jenis pre-eksperimen design jenis one
grup pretest-posttest design. Hasil belajar peserta didik pada Pelajaran Fiqih
tergolong rendah dengan jumlah 57,9% dan hanya 42,1% yang mencapai nilai
ketuntasan. Hal ini terlihat pula dari wawancara peneliti dengan guru mata
Pelajaran. Setelah melakukan penelitian, hasilnya menunjukan bahwa penerapan
teknik probing prompting dalam belajar Fiqih mampu meningkatkan hasil belajar
peserta didik. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil uji-t yang diperoleh hasil bahwa
nilai sig (2-taled) 0,00 lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka diperoleh
kesimpulan bahwa 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 diterima, artinya penerapan teknik
pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
kelas VIII MTs. DDI Lapeo.