PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Permanent URI for this community
Browse
Browsing PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) by Author "AMANDA ANATASYA"
Results Per Page
Sort Options
-
ItemPENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 CAMPALAGIAN(Repository STAIN Majene, 2025-06-24) AMANDA ANATASYAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian reward dan punishment dan mengetahui hasil belajar kelas XI peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Campalagian. Adapun beberapa rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: pertama, bagaimana tingkat pemberian reward peserta didik?. Kedua, bagaimana tingkat pemberian punishment peserta didik?. Ketiga, Bagaimana Tingkat hasil belajar peserta didik?. Keempat, apakah ada pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar peserta didik?. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI peserta didik SMA Negeri 1 Campalagian, dengan jumlah sampel sebanyak 84 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS, Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: pertama, tingkat pemberian reward di kelas XI SMA Negeri 1 Campalagian berada pada kategori sangat baik yaitu pada interval 20-24 dilihat dari hasil angket dengan jumlah 84 responden. Kedua, tingkat pemberian punishment di kelas XI SMA Negeri 1 Campalagian berada pada kategori baik yaitu pada interval 15-19 dilihat dari hasil angket dengan jumlah 84 responden. Ketiga, tingkat hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Campalagian berada pada kategori baik dilihat dari predikat nilai dari 84 responden yang rata-rata berada pada nilai 81-90. Keempat, berdasarkan hasil pengujian hipotesis atau uji-f dengan nilai signifikasinya 0,001 yang lebih kecil dari pada 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima H0 ditolak yang memiliki arti bahwa terdapat pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri Campalagian.