PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Permanent URI for this community
Browse
Browsing PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) by Author "AMRULLAH"
Results Per Page
Sort Options
-
ItemPENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERWUDU PESERTA DIDIK KELAS II PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN No. 50 INPRES KONJA(Repository STAIN Majene, 2025-06-25) AMRULLAH“Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan berwudu Peserta Didik kelas II Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN No. 50 Inpres Konja”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan berwudu peserta didik yang belum terampil meskipun sudah di pelajari pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Oleh karena itu pada penelitian ini, peneliti tertarik untuk menerapkan media pembelajaran puzzle sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berwudu peserta didik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran puzzle berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berwudu peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas II di SDN No. 50 Inpres Konja. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Groups Pre-test-Postest Design. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah kelas II SDN NO. 50 Inpres Konja. Pada penelitian ini, peneliti melakukan tes kepada peserta didik berupa praktik berwudu agar mengetahui keterampilannya dalam berwudu dengan menggunakan lembar chek list, dengan kriteria yang dinilai yaitu Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan spss versi 25 untuk uji coba faired sample test, maka nilai signifikan diproleh adalah 0,0 dengan taraf signifikan 0,5. Karena nilai signifikan 2-tailed 0,00<0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa media puzzle dapat meningkatkan keterampilan berwudu peserta didik kelas II pada mata pelajaran pendidikan agama Islam SDN No. 50 Inpres Konja. Hasil pada penelitian ini memperlihatkan bahwa rata-rata pretest (sebelum dilakukan perlakuan) adalah 21,60 sedangkan nilai rata-rata post test ( setelah dilakukan perlakuan) meningkat menjadi 30,30 jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berwudu peserta didik kelas II pada mata pelajaran pendidikan agama Islam SDN No. 50 Inpres Konja