PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs DDI MAJENE
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs DDI MAJENE
No Thumbnail Available
Date
2022
Authors
ADIBA
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
STAIN MAJENE
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Demonstrasi dalam
Proses Pembelajaran Fikih pada Peserta Didik Kelas VII di MTs DDI Majene,
dilatar belakangi oleh adanya beberapa peserta didik yang masih kurang faham
dalam pelajaran fikih. Ketepatan dalam menerapkan metode untuk kegiatan
pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dari keberhasilan kegiatan
pembelajaran.
Permasalahan ini dimaksudkan untuk menjawab: (1) Bagaimana
Penerapan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran Fikih pada Peserta
Didik Kelas VII di MTs DDI Majene, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat
Penerapan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran Fikih pada Peserta
Didik Kelas VII di MTs DDI Majene.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Prosedur
pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara terstruktur dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi, data display dan
kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian.Berdasarkan hasil
analisis data diperoleh hasil: (1).Pelaksanaan pembelajaran metode demonstrasi
dalam proses pembelajaran fikih pada peserta didik kelas VII di MTs DDI Majene
dilaksanakan mulai dari perencanaan dan pelaksanaan, dimana pelaksanaan
meliputi: pendahuluan, inti, dan penutup. (2) Faktor pendukung dan penghambat
yaitu: Faktor pendudukung diantaranya, adanya kemampuan pedagogik yang
dimiliki guru dalam menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran fikih
serta adanya antusias atau keaktifan peserta didik yang bersemangat dalam
mengikuti pembelajaran fikih dengan menggunakan metode demonstrasi.
Kemudian untuk faktor penghambatnya adalah sarana dan prasarana serta alokasi
waktu yang kurang memadai