Pengaruh Kemampuan Komunikasi Pendidik terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII A di SMP 9 Negeri Majene
Pengaruh Kemampuan Komunikasi Pendidik terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII A di SMP 9 Negeri Majene
No Thumbnail Available
Date
2025-07-26
Authors
Maslah
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository Stain Majene
Abstract
ABSTRAK
Nama : Maslah
Nim : 10156119027
Jurusan/Prodi : Tarbiyah dan Kependidikan / Pendidikan Agama Islam
Judul : Pengaruh Kemampuan Komunikasi Pendidik terhadap Hasil
Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII A di
SMP 9 Negeri Majene
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
kemampuan komunikasi pendidik terhadap hasil belajar mata pelajaran
pendidikan agama Islam peserta didik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang berlandaskan
pada filsafat positivis dan dilaksanakan di SMP Negeri 9 Majene dengan
pendekatan ex-post facto. Adapun metode pengumpulan data dilakukan
melalui angket dan dokumentasi. Teknik pengelolahan dan analisis data yang
dilakukan melalui 2 tahapan, yakni analisis statistika deskriptif dan analisis
statistika inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan
komunikasi pendidik terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta
didik kelas VIII A di SMP Negeri 9 Majene. Kemampuan komunikasi pendidik
dapat menjadi pengaruh bagi hasil belajar sebesar 16,2% Dan sisanya 83,8%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.