Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
1 - 5 of 210
-
ItemPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK BERPAKAIAN PESERTA DIDIK KELAS IX MTS P3A GUPPI RANGAS(Repository STAIN MAJENE, 2025-03-13)ABSTRAK Nama : Hijra Munawwarah Nim : 10156118161 Program studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak Berpakain Peserta Didik kelas IX MTs P3A GUPPI Rangas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial dan untuk mengetahui bagaimana akhlak berpakaian serta untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap akhlak berpakaian peserta didik kelas IX MTs P3A GUPPI Rangas. Adapun beberapa rumusan masalahnya sebagai berikut : pertama, bagaimana penggunaan media sosial pada peserta didik kelas IX MTs P3A GUPPI Rangas?. Kedua, bagaimana akhlak berpakaian peserta didik kelas IX MTs P3A GUPPI Rangas?. Ketiga, apakah media sosial berpengaruh terhadap akhlak berpakaian peserta didik kelas IX MTs P3A GUPPI Rangas?. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi peserta didik dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX yang berjumlah 33 peserta didik dan peneliti menggunakan teknik total sampling sehingga populasi tersebut menjadi sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 25.0. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini adalah : pertama, penggunaan media sosial peserta didik MTs P3A GUPPI Rangas dalam kategori tinggi dengan presentase 57,5% sebanyak 19 responden. Kedua, mengenai akhlak berpakain peserta didik menunjukkan bahwa akhlak berpakaian peserta didik masuk dalam kategori baik dengan presentase 42,4% sebanyak 14 responden. Ketiga, hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media sosial dan akhlak berpakaian peserta didik. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana Y= 14,536 + 0,565 X, diperoleh thitung 4,204, kemudian membandingkan nilai signifikansi 0,000<0,05 serta dari perhitungan SPSS 25.0 diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 36,3%, maka diperoleh keputusan Ha diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang berbunyi terdapat pengaruh penggunaan media sosial terhadap akhlak berpakaian peserta didik kelas IX MTs P3A GUPPI Rangas. Kata Kunci: Media Sosial, Akhlak, Akhlak Berpakaian
-
ItemPEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM PONDOK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MAJENE(Repository STAIN MAJENE, 2025-03-13)ABSTRAK Nama : FALDI NIM : 10156120162 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Pembinaan Akhlak Peserta Didik melalui Program Pondok di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Majene Pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pembinaan akhlak peserta didik melalui program pondok madrasah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi program pondok madrasah dan mendeskripsikan dampak serta faktor-faktor yang mempengaruhi program pondok di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Majene. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan fenomenologi, peneliti memperoleh data dari wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) program pondok berfokus pada pembinaan akhlak peserta didik, kemampuan membaca dan pengetahuan tentang salat. Program pondok bertujuan sebagai pembentukan karakter, pendidikan agama yang kuat, pengembangan kesadaran serta pengembangan karakter sosial. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan, yakni metode tutor sebaya, pembiasaan (ibadah), dan ceramah. (2) Program pondok berdampak positif baik dari segi pengetahuan maupun akhlak, dengan materi yang disajikan melalui metode keteladanan dan pembiasaan. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program pondok, faktor pendorong meliputi: dukungan kepala madrasah dan guru pembina, sarana dan prasarana, serta adanya dukungan dari orang tua peserta didik. kemudian yang menjadi faktor penghambat meliputi: kecanduan dalam penggunaan gadget, kurang antusiasnya peserta didik mengikuti program pondok, kurangnya dukungan orang tua, dan kendala waktu. Kata Kunci: Pembinaan Akhlak, Program Pondok Madrasah.
-
ItemHUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI FIKIH TAHARAH DENGAN KEMAMPUAN PRAKTIK BERWUDU PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs HUSNUL KHATIMAH POLEWALI(Repository STAIN MAJENE, 2025-03-13)ABSTRAK Nama : Emilina Nim 101561181013 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Hubungan Pemahaman Materi Fikih Taharah Dengan Kemampuan Praktik Berwudhu Peserta Didik Kelas VIII Mts Husnul Khatimah Polewali Pemahaman materi taharah merupakan kemampuan dalam mengingat kembali materi yang telah dipelajari. Kemampuan praktik berwudhu merupakan kemampuan seseorang dalam berwudhu dengan baik dan benar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional, tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adala teknik random sampling. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes pilihan ganda dan tes praktik. Tekhnik analisis data yang digunakan adalan analisis desktiptif dan inferensial dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman materi fikih taharah peserta didik kelas VIII MTs Husnul Khatimah Polewali berada pada kategori sedang yaitu 76.10% dilihat dari hasil tes pilihan ganda dari 59 responden. (2) kemampuan praktik berwudhu peserta didik kelas VIII MTs Husnul Khatimah Polewali berada pada kategori tinggi yaitu 84.40% dilihat dari hasil tes praktik berwudhu dari 59 responden. (3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan nilai signifikasinya 0.014 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yang memiliki arti bahwa terdapat korelasi pemahaman materi fikih taharah terhadap kemampuan praktik berwudhu peserta didik kelas VIII MTs Husnul Khatimah Polewali. Kata Kunci: Pemahaman, Fikih Taharah, Kemampuan, Praktik Berwudhu
-
ItemHUBUNGAN SIKAP ADAPTIF BUDAYA LOKAL DENGAN SIKAP RADIKALISME MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIN MAJENE(Repository stain majene, 2025-03-03)ABSTRAK Nama : SULEMAN NIM : 10156120187 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Hubungan Sikap Adaptif Budaya Lokal Dengan Sikap Radikalisme Mahasiswa Prodi PAI STAIN Majene Pada penelitian ini memiliki beberapa tujuan, pertama untuk mengetahui tingkat sikap adaptif budaya lokal mahasiswa Prodi pendidikan agama Islam, kedua untuk mengetahui bagaimana tingkat sikap radikalisme mahasiswa Prodi pendidikan agama Islam dan ketiga untuk mengetahui hubungan sikap adaptif budaya lokal dengan sikap radikalisme mahasiswa Prodi pendidikan agama Islam STAIN majene. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa Prodi pendidikan agama Islam angkatan 2020 STAIN Majene, berjumlah 74 dari populasi 234 orang/responden. Adapun instrument pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner. hasil uji korelasi yaitu nilai sig sebesar 0,064 > nilai Alpha (0,05), berarti dikatakan bahwa tidak terdapat korelasi positif dari variabel sikap adaptif budaya lokal dengan sikap radikalisme. Adapun nilai koefisien korelasinya yaitu 0,216. Kata Kunci : Sikap Adaptif Budaya Lokal, Sikap Radikalisme, Mahasiswa
-
ItemEFEKTIVITAS PENDEKATAN INTEGRATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS.BPII PAMBOANG(Repository STAIN Majene, 2025-03-03)ABSTRAK Nama : SRI DEWI NIM 10156119203 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Efektivitas Pendekatan Integratif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Mts Bpii Pamboang Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah penerapan pendekatan integratif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pemalajaran akidah akhlak kelas VIII MTs. BPII Pamboang. Jenis penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang memperoleh data berdasarkan lapangan. Prosedur penelitian kuantitatif ini, menghasilkan data berupa angka yang diperoleh dari respomden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test tertulis, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan integratif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs. BPII Pamboang. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan uji pre test menunjukkan bahwa dari 23 peserta didik terdapat 14 yang mendapatkan hasil kurang dengan presentse 60,87%, sedangkan 9 peserta didik yang mendapatkan hasil cukup dengan hasil presentase 39,13%, dan tidak ada peserta didik yang memiliki hasil kriteria baik dan sangat baik. Hasil uji ini pos test menunjukkan bahwa dari 23 peserta didik terdapat 14 yang mendapatkab hasil cukup dengan presentase 60,87%, sedangkan 9 peserta didik mendapatkan hasil baik dengan presentse 39,13%, dan tidak ada peserta didik yang mendapatkan hasil dengan kriteria kurang dan sangat baik. Penerapa pendekatan integratif memiliki peningkatan dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai sig 2 – tailed sebesar 0,000 < 0,005, sehingga hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak, artinya bahwa penerapan pendekatan integratif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs. BPII Pamboang. Kata Kunci: Pendekatan Integratif, Hasil Belajar