Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 280
  • Item
    Pengaruh Keterampilan Dasar Mngajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan STAIN Majene Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs PPTI Tamo.
    (Repository STAIN Majene, 2025-08-27) Ferdian
    ABSTRAK Nama : Ferdian Nim : 10156121071 Prodi : Pendidikan Agama Islam Judul : Pengaruh Keterampilan Dasar Mngajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan STAIN Majene Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs PPTI Tamo. Rendahnya motivasi belajar peserta didik di MTs PPTI Tamo menjadi masalah utama yang terlihat dari perilaku seperti sering membolos, keluar kelas saat pembelajaran, dan tidak aktif dalam kerja kelompok. Masalah ini diperkirakan dipengaruhi oleh kurangnya variasi dan keterampilan dalam penyampaian pembelajaran oleh tenaga pengajar sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan dasar mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) STAIN Majene terhadap motivasi belajar peserta didik, serta mendeskripsikan perubahan tingkat motivasi selama pelaksanaan PPL berlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif dengan jenis penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs PPTI Tamo sebanyak 20 orang yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi, dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas dan regresi linear sederhana menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata mean sebesar 3,09, sedangkan motivasi belajar peserta didik berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata mean sebesar 3,59. Uji normalitas menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,200 > 0,05, yang berarti data berdistribusi normal. Uji linearitas menunjukkan hubungan linear antara kedua variabel dengan nilai signifikansi linearitas 0,005 < 0,05 dan deviation from linearity 0,785 > 0,05. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,579, yang berarti keterampilan dasar mengajar memberikan kontribusi sebesar 57,9% terhadap variasi motivasi belajar peserta didik. sehingga hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs PPTI Tamo. Kata Kunci: Keterampilan Dasar Mengajar, Mahasiswa PPL, STAIN Majene, Motivasi Belajar, Peserta Didik MTs PPTI Tamo.
  • Item
    Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Game Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang.
    (Repository STAIN Majene, 2025-08-26) Nur Aliyah
    ABSTRAK Nama : Nur Aliyah Nim : 10156120027 Prodi : Pendidikan Agama Islam Judul : Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Game Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang. Skripsi ini membahas tentang penggunaan pembelajaran berbasis Game wordwall dalam meningkatkan hasil belajar peserta Didik pada mata pelajaran fikih kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum penggunaan strategi pembelajaran berbasis game wordwall pada mata pelajaran Fikih kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang. (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik setelah penggunaan strategi pembelajaran berbasis game wordwall pada mata pelajaran Fikih kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang. (3)Apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah diterapkan strategi pembelajaran berbasis game wordwall pada mata pelajaran Fikih kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, yaitu pre-experimental designs dengan jenis one-group pretest- posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang dengan jumlah populasi 16 peserta didik dan sampel penelitian juga seluruh peserta didik kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan membagikan soal pretest dan posttest kepada peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan; (1)sebelum penggunaan strategi pembelajaran berbasis game wordwall, hasil belajar peserta didik berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata sebesar 25,75. (2) setelah penggunaan strategi pembelajaran berbasis game wordwall, hasil belajar peserta didik berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 81,375. (3). terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah penggunaan strategi pembelajaran berbasis game wordwall. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Game Wordwall, Hasil Belajar, dan Fikih.
  • Item
    Penerapan Model pembelajaran REACT dalam Meningkatkan Kinerja belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Al-Qalam Teppo.
    (Repository STAIN Majene, 2025-08-26) Hastina
    ABSTRAK Nama : Hastina NIM : 10156118039 Prodi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Penerapan Model pembelajaran REACT dalam Meningkatkan Kinerja belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Al-Qalam Teppo. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat diketahui: 1). Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran REACT; 2). Hasil belajar sesudah dilakukannya model pembelajaran REACT; 3). Peningkatan prestasi akademik peserta didik tingkat di madrasah tsanawiyah studi ini dilakukan dengan pendekatan metode Al-Qalam Teppo dengan model pembelajaran REACT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi coba (pretest-postest). Upaya pencarian data yaitu melalui observasi, tes evaluatif dan survei. Data digunakan analisis statistic berupa deskriptif dan inferensial untuk mengolah data. Berdasarkan dari dari temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penelitian penerapan model pembelajaran REACT guna mengoptimalkan hasil pembelajaran peserta didik kelas VIII dalam mata ajar fikih di MTs Al-Qalam Teppo yang dilihat dari hasil belajar 30 sampel sebelum diterapkan kerangka pembelajaran REACT tersebut berada klasifikasinya rendah karena tidak satu pun pesera didik mencapai target lebih dari 6% dan jika dilihat dari standar KKM maka semua peserta didik dikatakan masih dibawah batas ketuntasan karena evaluasi yang menunjukkan peserta didik dicapai tidak sampai 64. (2) Penelitian penerapan model pembelajaran REACT dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran fikih di MTs Al-Qalam Teppo yang dilihat dari kinerja belajar 30 sampel sebelum diterapkan model pembelajaran REACT tersebut berada dilevel menengah karena kinerja belajar peserta didik hanya mencapai 70%. (3) Penerapan model pembelajaran REACT dapat menyongsong kinerja belajar peserta didik kelas VIII pada mata ajar fikih di MTs Al-Qalam Teppo karena hasil sig <0,05 yaitu 0.00. oleh karena H0 kurang tepat dan Ha sangat tepat yang memiliki arti jika terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik jika pendidik menggunakan hasil pembelajaran REACT ketika dilakukan penyampaian bahan ajar berlangsung. Kata Kunci: Model pembelajaran REACT, hasil belajar peserta didik.
  • Item
    Peran Remaja Masjid Sebagai Wadah Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Religius (Studi Kasus Remaja Masjid Nuruttamam Tamo Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene)
    (Repository STAIN Majene, 2025-08-19) Taufik
    ABSTRAK Nama : Taufik Nim : 10156121041 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Peran Remaja Masjid Sebagai Wadah Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Religius (Studi Kasus Remaja Masjid Nuruttamam Tamo Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene) Permasalahan dalam penelitian ini meliputi bagaimana program kegiatan pendidikan Islam yang dilaksanakan di Masjid Nuruttamam Tamo Kelurahan Baurung, bagaimana peran Remaja Masjid sebagai wadah pendidikan Islam dalam membentuk karakter religius remaja, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan Islam di masjid tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif di mana peneliti memperoleh dan menganalisis data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan pendekatan studi kasus untuk memahami serta menganalisis atau memperjelas data terhadap bagaimana kondisi masjid sebagai wadah pendidikan Islam. Remaja Masjid Nuruttamam Tamo memiliki peran strategis dalam menunjang pendidikan Islam dan kegiatan sosial di lingkungan masyarakat. Mereka aktif memakmurkan masjid melalui berbagai program keagamaan, seperti peringatan hari besar Islam, tadarusan, lomba Islami, serta berperan sebagai motivator dan fasilitator bagi generasi muda. Kegiatan sosial seperti kerja bakti, santunan, dan aksi peduli lingkungan turut memperkuat peran mereka dalam membentuk masyarakat religius dan peduli sesama. Program pendidikan Islam yang dijalankan, seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an, kajian rutin, zikir malam tahun baru, tahlilan, yasinan, pelatihan khotbah, dan kultum, terbukti efektif dalam membentuk karakter religius remaja. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman keagamaan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai Islami yang tercermin dalam perilaku sehari-hari. Dengan demikian, remaja masjid berkontribusi nyata dalam penguatan pendidikan Islam dan pembentukan karakter generasi muda yang berakhlak mulia. Kata Kunci : Masjid, Remaja Mesjid, Karakter Religius.
  • Item
    Implementasi Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Tinambung
    (Repository STAIN Majene, 2025-08-11) Putri Zakrani
    ABSTRAK Nama : Putri Zakrani NIM : 10156120150 Program Studi: Pendidikan Agama Islam Judul : Implementasi Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Tinambung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) SMA Negeri 1 Tinambung, jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IBB 2 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel semua. Teknik pengumpulan data menggunakan tes angket, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial yang ditempuh dengan uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan paired sampels t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat minat belajar peserta didik pada hasil nilai rata-rata pretest sebesar 57,15 berada pada kategori rendah dan hasil nilai rata-rata untuk posttest adalah 79,9 berada pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran tipe teams games tournamaent (TGT) pada pelajaran PAI kelas XI IBB 2 di SMA Negeri 1 Tinambung. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan paired sampels t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 dengan signifikansi a=0,05 atau 0,00<0,05, yang berarti ada peningkatan yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran tipe teams games tournamaent (TGT) dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat peningkatan minat belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Tinambung Kata Kunci: Model Pembelajaran, Tipe Teams Games Tournament (TGT), Minat belajar