Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
1 - 5 of 281
-
ItemPengaruh Motivasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Bersahabat Di SMP Negeri 2 Majene(Repository STAIN Majene, 2025-09-08)ABSTRAK Nama : Wahyu NIM : 10156121051 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Pengaruh Motivasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Bersahabat Di SMP Negeri 2 Majene Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII Bersahabat di SMP Negeri 2 Majene. Motivasi guru sebagai variabel bebas (X) merupakan dorongan yang ditunjukkan dalam bentuk keterlibatan dalam pembelajaran, interaksi dengan peserta didik, penilaian diri, komitmen terhadap tujuan pendidikan, serta persepsi terhadap kontrol dan tanggung jawab. Sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y) diukur berdasarkan nilai Ujian Akhir Semester peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner untuk mengukur motivasi guru dan dokumentasi nilai untuk hasil belajar peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII Bersahabat yang berjumlah 25 orang, dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan untuk variabel X yaitu motivasi guru mendekati kategori sering, dengan rata-rata skor sebesar 2,96. Sehingga terdapat pengaruh signifikan antara motivasi guru terhadap hasil belajar peserta didik. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 59,287 + 0,598X, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,987, yang menunjukkan hubungan yang sangat kuat. Artinya, semakin tinggi motivasi guru dalam pembelajaran, maka semakin baik pula hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Temuan ini menegaskan pentingnya peran guru yang bermotivasi tinggi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian akademik peserta didik, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Motivasi guru, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam.
-
ItemPengaruh Keterampilan Dasar Mngajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan STAIN Majene Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs PPTI Tamo.(Repository STAIN Majene, 2025-08-27)ABSTRAK Nama : Ferdian Nim : 10156121071 Prodi : Pendidikan Agama Islam Judul : Pengaruh Keterampilan Dasar Mngajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan STAIN Majene Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs PPTI Tamo. Rendahnya motivasi belajar peserta didik di MTs PPTI Tamo menjadi masalah utama yang terlihat dari perilaku seperti sering membolos, keluar kelas saat pembelajaran, dan tidak aktif dalam kerja kelompok. Masalah ini diperkirakan dipengaruhi oleh kurangnya variasi dan keterampilan dalam penyampaian pembelajaran oleh tenaga pengajar sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan dasar mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) STAIN Majene terhadap motivasi belajar peserta didik, serta mendeskripsikan perubahan tingkat motivasi selama pelaksanaan PPL berlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif dengan jenis penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs PPTI Tamo sebanyak 20 orang yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi, dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas dan regresi linear sederhana menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata mean sebesar 3,09, sedangkan motivasi belajar peserta didik berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata mean sebesar 3,59. Uji normalitas menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,200 > 0,05, yang berarti data berdistribusi normal. Uji linearitas menunjukkan hubungan linear antara kedua variabel dengan nilai signifikansi linearitas 0,005 < 0,05 dan deviation from linearity 0,785 > 0,05. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,579, yang berarti keterampilan dasar mengajar memberikan kontribusi sebesar 57,9% terhadap variasi motivasi belajar peserta didik. sehingga hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs PPTI Tamo. Kata Kunci: Keterampilan Dasar Mengajar, Mahasiswa PPL, STAIN Majene, Motivasi Belajar, Peserta Didik MTs PPTI Tamo.
-
ItemPenggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Game Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang.(Repository STAIN Majene, 2025-08-26)ABSTRAK Nama : Nur Aliyah Nim : 10156120027 Prodi : Pendidikan Agama Islam Judul : Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Game Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang. Skripsi ini membahas tentang penggunaan pembelajaran berbasis Game wordwall dalam meningkatkan hasil belajar peserta Didik pada mata pelajaran fikih kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum penggunaan strategi pembelajaran berbasis game wordwall pada mata pelajaran Fikih kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang. (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik setelah penggunaan strategi pembelajaran berbasis game wordwall pada mata pelajaran Fikih kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang. (3)Apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah diterapkan strategi pembelajaran berbasis game wordwall pada mata pelajaran Fikih kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, yaitu pre-experimental designs dengan jenis one-group pretest- posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang dengan jumlah populasi 16 peserta didik dan sampel penelitian juga seluruh peserta didik kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan membagikan soal pretest dan posttest kepada peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan; (1)sebelum penggunaan strategi pembelajaran berbasis game wordwall, hasil belajar peserta didik berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata sebesar 25,75. (2) setelah penggunaan strategi pembelajaran berbasis game wordwall, hasil belajar peserta didik berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 81,375. (3). terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah penggunaan strategi pembelajaran berbasis game wordwall. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Game Wordwall, Hasil Belajar, dan Fikih.
-
ItemPenerapan Model pembelajaran REACT dalam Meningkatkan Kinerja belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Al-Qalam Teppo.(Repository STAIN Majene, 2025-08-26)ABSTRAK Nama : Hastina NIM : 10156118039 Prodi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Penerapan Model pembelajaran REACT dalam Meningkatkan Kinerja belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Al-Qalam Teppo. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat diketahui: 1). Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran REACT; 2). Hasil belajar sesudah dilakukannya model pembelajaran REACT; 3). Peningkatan prestasi akademik peserta didik tingkat di madrasah tsanawiyah studi ini dilakukan dengan pendekatan metode Al-Qalam Teppo dengan model pembelajaran REACT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi coba (pretest-postest). Upaya pencarian data yaitu melalui observasi, tes evaluatif dan survei. Data digunakan analisis statistic berupa deskriptif dan inferensial untuk mengolah data. Berdasarkan dari dari temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penelitian penerapan model pembelajaran REACT guna mengoptimalkan hasil pembelajaran peserta didik kelas VIII dalam mata ajar fikih di MTs Al-Qalam Teppo yang dilihat dari hasil belajar 30 sampel sebelum diterapkan kerangka pembelajaran REACT tersebut berada klasifikasinya rendah karena tidak satu pun pesera didik mencapai target lebih dari 6% dan jika dilihat dari standar KKM maka semua peserta didik dikatakan masih dibawah batas ketuntasan karena evaluasi yang menunjukkan peserta didik dicapai tidak sampai 64. (2) Penelitian penerapan model pembelajaran REACT dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran fikih di MTs Al-Qalam Teppo yang dilihat dari kinerja belajar 30 sampel sebelum diterapkan model pembelajaran REACT tersebut berada dilevel menengah karena kinerja belajar peserta didik hanya mencapai 70%. (3) Penerapan model pembelajaran REACT dapat menyongsong kinerja belajar peserta didik kelas VIII pada mata ajar fikih di MTs Al-Qalam Teppo karena hasil sig <0,05 yaitu 0.00. oleh karena H0 kurang tepat dan Ha sangat tepat yang memiliki arti jika terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik jika pendidik menggunakan hasil pembelajaran REACT ketika dilakukan penyampaian bahan ajar berlangsung. Kata Kunci: Model pembelajaran REACT, hasil belajar peserta didik.
-
ItemPeran Remaja Masjid Sebagai Wadah Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Religius (Studi Kasus Remaja Masjid Nuruttamam Tamo Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene)(Repository STAIN Majene, 2025-08-19)ABSTRAK Nama : Taufik Nim : 10156121041 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Peran Remaja Masjid Sebagai Wadah Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Religius (Studi Kasus Remaja Masjid Nuruttamam Tamo Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene) Permasalahan dalam penelitian ini meliputi bagaimana program kegiatan pendidikan Islam yang dilaksanakan di Masjid Nuruttamam Tamo Kelurahan Baurung, bagaimana peran Remaja Masjid sebagai wadah pendidikan Islam dalam membentuk karakter religius remaja, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan Islam di masjid tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif di mana peneliti memperoleh dan menganalisis data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan pendekatan studi kasus untuk memahami serta menganalisis atau memperjelas data terhadap bagaimana kondisi masjid sebagai wadah pendidikan Islam. Remaja Masjid Nuruttamam Tamo memiliki peran strategis dalam menunjang pendidikan Islam dan kegiatan sosial di lingkungan masyarakat. Mereka aktif memakmurkan masjid melalui berbagai program keagamaan, seperti peringatan hari besar Islam, tadarusan, lomba Islami, serta berperan sebagai motivator dan fasilitator bagi generasi muda. Kegiatan sosial seperti kerja bakti, santunan, dan aksi peduli lingkungan turut memperkuat peran mereka dalam membentuk masyarakat religius dan peduli sesama. Program pendidikan Islam yang dijalankan, seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an, kajian rutin, zikir malam tahun baru, tahlilan, yasinan, pelatihan khotbah, dan kultum, terbukti efektif dalam membentuk karakter religius remaja. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman keagamaan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai Islami yang tercermin dalam perilaku sehari-hari. Dengan demikian, remaja masjid berkontribusi nyata dalam penguatan pendidikan Islam dan pembentukan karakter generasi muda yang berakhlak mulia. Kata Kunci : Masjid, Remaja Mesjid, Karakter Religius.