Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
1 - 5 of 293
-
ItemPengaruh Dukungan Orang Tua terhadap Motivasi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam STAIN Majene Angkatan 2021 dalam Menyelesaikan Studi(Repository STAIN Majene, 2025-10-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi dukungan orang tua dan motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan studi, serta menganalisis pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Majene angkatan 2021 dalam menyelesaikan studi. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional, penelitian ini dilaksanakan di STAIN Majene, dengan jumlah populasi 183 Mahasiswa PAI angkatan 2021, dan penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan kesalahan 5%, dan jumlah sampel diteliti sebanyak 126 Mahasiswa PAI angkatan 2021. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui Google form, dengan jumlah pernyataan 8 item untuk dukungan dan 14 item pernyataan untuk motivasi. Hasil penelitian ini menunjukkan deskripsi dukungan orang tua yang dominan dirasakan mahasiswa adalah dukungan materi dengan hasil rata-rata keseluruhan 3,61. Hasil deskripsi motivasi mahasiswa menunjukkan bahwa motivasi yang paling dominan dimiliki mahasiswa dalam menyelesaikan studinya adalah motivasi ekstrinsik. Penelitian ini menemukan pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi intrinsik, ekstrinsik dan amotivasi mahasiswa, berdasarkan hasil regresi yang diperoleh dukungan orang tua terhadap motivasi intrinsik dan ekstrinsik dengan nilai p.value (0,000) < (0,05) berarti H1 diterima yang artinya adanya pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi intrinsik dan ekstrinsik mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Sedangkan hasil nilai sig yang diperoleh amotivasi dengan nilai p.value (0,091) > (0,05) berarti H0 diterima yang artinya tidak ada pengaruh dukungan orang tua terhadap amotivasi mahasiswa. Kata Kunci : Dukungan Orang Tua, Motivasi Intrinsik, Ekstrinsik, Amotivasi, Mahasiswa, Penyelesaian Studi, PAI, STAIN Majene
-
ItemUpaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Dzuhur Berjamaah Peserta Didik di UPTD SMK Negeri 7 Majene(Repository STAIN Majene, 2025-10-15)Fokus permasalahan dalam penelitian ini terfokus pada upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dzuhur berjamaah di UPTD SMK Negeri 7 Majene. Fokus permasalahan tersebut kemudian dijabarkan menjadi beberapa sub masalah, yaitu bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dzuhur berjamaah peserta didik di UPTD SMK Negeri 7 Majene? dan faktor apa saja yang menghambat dan mendukung guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dzuhur berjamaah di UPTD SMK Negeri 7 Majene? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, ada beberapa upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dzuhur berjamaah peserta didik di UPTD SMK Negeri 7 Majene yaitu: dengan Melakukan pengawasan, pemberian pemahaman kepada peserta didik, pemberian nasehat/motivasi, mendampingi peserta didik dalam melaksanakan shalat, pemberian nilai tambahan pada mata pelajaran PAI, serta menyusun jadwal pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah. Adapun faktor penghambat dan pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dzuhur berjamaah peserta didik adalah, kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik, kurangnya partisipasi guru lain, serta fasilitas di sekolah kurang memadai. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu, keterlibatan guru PAI, serta organisasi rohis. Hal tersebut dapat diharapkan menjadi bahan kajian untuk pihak sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dzuhur berjamaah pada peserta didik di UPTD SMK Negeri 7 Majene. Kata kunci: Upaya, guru PAI, kedisiplinan, shalat berjamaah, peserta
-
ItemPengaruh Ekologi Pekerjaan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi PAI TP. 5 Angkatan 2021 STAIN Majene dalam Menyelesaikan Studi(Repository STAIN Majene, 2025-10-15)Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui bagaimana statistik deskriptif ekologi pekerjaan orang tua mahasiswa Prodi PAI TP. 5 angkatan 2021 STAIN Majene, 2. Mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa prodi PAI Tp. 5 angkatan 2021 dalam menyelesaikan studi, dan 3. Mengetahui apakah terdapat pengaruh ekologi pekerjaan orang tua terhadap motivasi belajar mahasiswa prodi PAI Tp. 5 angkatan 2021 dalam menyelesaikan studi. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa Prodi PAI TP. 5 Angkatan 2021 yang berjumlah 31 orang dan dijadikan sampel dengan teknik sampling jenuh. Analisis data meliputi statistik deskriptif dan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata skor ekologi pekerjaan orang tua sebesar 3,32 berada pada kategori tinggi, sedangkan motivasi belajar mahasiswa memperoleh rata rata 3,27 dengan kategori sangat tinggi. Uji regresi linear sederhana menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara ekologi pekerjaan orang tua terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal ini membuktikan bahwa semakin baik dukungan material, emosional, dan keterlibatan orang tua, maka semakin tinggi pula motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan studi, meskipun sebagian besar orang tua bekerja di sektor informal dengan pendapatan yang tidak selalu stabil. Kata Kunci : Pekerjaan Orang Tua, Motivasi Belajar, Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
-
ItemKontribusi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru-guru Akidah Akhlak(Repository STAIN Majene, 2025-10-14)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi kepala madrasah dalam peningkatan kompetensi profesional guru guru Akidah Akhlak di MAN 1 Polewali Mandar. Kompetensi profesional guru dalam penelitian ini difokuskan pada aspek penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang meliputi: (1) Penguasaan konsep, struktur, dan metode keilmuan yang menaungi materi ajar, (2) Penguasaan materi ajar dalam kurikulum madrasah, dan (3) Kemampuan dalam mengaitkan materi dengan konteks kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan sarana prasarana, serta guru guru Akidah Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah memiliki kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kompetensi profesional guru, yang tampak melalui dua aspek utama: (1) Kebijakan pelatihan untuk guru dalam meningkatkan kompetensi profesional. dan (2) Penyediaan Sarana pembelajaran digital Smart TV. Guru guru Akidah Akhlak telah menunjukkan kemampuan kompetensi profesional dalam menguasai materi ajar, menggunakan berbagai metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi, dan tanya jawab, serta memanfaatkan teknologi sesuai karakteristik peserta didik. Kontribusi tersebut mencerminkan peran kepala madrasah sebagai edukator, manajer, dan pemimpin, yang berperan tidak hanya dalam aspek administratif, tetapi juga transformatif, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran di madrasah. Kata Kunci: Kontribusi, Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional, Guru Akidah Akhlak MAN 1 Polewali Mandar
-
ItemImplementasi Model Pembelajaran Inside Ouside Circle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMK Negeri 2 Majene.(Repository STAIN Majene, 2025-10-14)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan keaktifan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi-eksperimen menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI RPL 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, dan kelas XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle.Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 10 soal yang diberikan pada saat Pre-Test dan Post-Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata Pre-Test kelas kontrol adalah 53,61 dan kelas eksperimen 55,27, yang menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelompok relatif seimbang. Setelah perlakuan diberikan, nilai rata-rata Post-Test kelas eksperimen meningkat menjadi 79,16, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 68,05. Berdasarkan hasil uji-t independent sample test, diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001< 0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kedua kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Inside Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI SMK Negeri 2 Majene.