Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
1 - 5 of 212
-
ItemIMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN SURAT UNTUKSAHABAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI DKV 1 SMK NEGERI 5 MAJENE(Repository STAIN MAJENE, 2025-05-06)ABSTRAK Nama NIM Program Studi Judul : Nurul Faizatun : 10156119192 : Pendidikan Agama Islam : Implementasi Strategi Pembelajaran Surat untuk Sahabat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI DKV 1 SMK Negeri 5 Majene Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum penerapan strategi pembelajaran surat untuk sahabat di kelas XI DKV1 SMK Negeri 5 Majene; 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah penerapan strategi pembelajaran surat untuk sahabat di kelas XI DKV1 SMK Negeri 5 Majene; dan 3) Untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran surat untuk sahabat dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI DKV1 SMK Negeri 5 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre- ekperimental bentuk the one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI DKV 1 SMK Negeri 5 Majene sekaligus menjadi sampel yang berjumlah 27 orang yang di ambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh (sampel total). Adapun teknik analisis data yang digunakan penelitian ini ialah teknik analisis data deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas XI DKV 1 pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum menerapkan strategi pembelajaran surat untuk sahabat di SMK Negeri 5 Majene ditemukan seluruh peserta didik berada pada kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata 60,35 dengan persentase 100%. Sedangkan hasil hitung setelah penerapan strategi pembelajaran surat untuk sahabat berada pada kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata 66,51 dengan persentase 63% . Selanjutnya, hasil uji hipotesis yang menggunakan uji paired samples t-test pada kelas XI DKV 1 dengan menerapkan strategi pembelajaran surat untuk sahabat diperoleh nilai sig.= 0.000. maka dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa stratgei pembelajaran surat untuk sahabat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI DKV 1 SMK Negeri 5 Majene. Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis sig = 0,000. ii
-
ItemNILAI-NILAI AKHLAK DALAM PRAKTIK BUDAYA SIBALIPARRIQ PADA MASYARAKAT DUSUN TALLO DESA BALA KECAMATAN BALANIPA KABUPATEN POLEWALI MANDAR(Repository STAIN MAJENE, 2025-05-05)ABSTRAK Nama : Sri Wahyuni Nadir NIM : 10156119169 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Nilai-nilai akhlak dalam praktik budaya sibaliparriq pada masyarakat dusun Tallo desa Bala kecamatan Balanipa kabupaten Polewali Mandar Permasalahan pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah Nilai-nilai akhlak dalam praktik budaya sibaliparriq pada masyarakat dusun Tallo desa Bala kecamatan Balanipa kabupaten Polewali Mandar. Rumusan masalah penelitian ini yakni (1) Bagaimana praktik budaya sibaliparriq pada masyarakat dusun Tallo desa Bala kecamatan Balanipa kabupaten Polewali Mandar ?, (2) Bagaimana bentuk nilai-nilai akhlak dalam praktik budaya sibaliparriq pada masyarakat dusun Tallo desa Bala kecamatan Balanipa kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini dilakukan di dusun Tallo desa Bala kecamatan Balanipa kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan suatu fakta di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi yaitu pendekatan yang mencoba menggali informasi melalui pengalaman. Pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan konsep, pendirian, pendapat, sikap, penilaian dan pemberian persepsi terhadap peristiwa dari pengalaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik sibaliparriq masyarakat dusun Tallo terimplementasi dari empat nilai yaitu persaudaraan (palluluareang), kasih sayang (siasayangngi), kepedulian (siamanaoang pa’mai), dan keikhlasan (sukku’ mattulung) dan bentuk nilai-nilai akhlak dalam praktik sibaliparriq masyarakat dusun Tallo diklasifikasi dalam dua aspek yakni akhlak dalam keluarga dan akhlak dalam masyarakat.
-
ItemPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK BERPAKAIAN PESERTA DIDIK KELAS IX MTS P3A GUPPI RANGAS(Repository STAIN MAJENE, 2025-03-13)ABSTRAK Nama : Hijra Munawwarah Nim : 10156118161 Program studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak Berpakain Peserta Didik kelas IX MTs P3A GUPPI Rangas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial dan untuk mengetahui bagaimana akhlak berpakaian serta untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap akhlak berpakaian peserta didik kelas IX MTs P3A GUPPI Rangas. Adapun beberapa rumusan masalahnya sebagai berikut : pertama, bagaimana penggunaan media sosial pada peserta didik kelas IX MTs P3A GUPPI Rangas?. Kedua, bagaimana akhlak berpakaian peserta didik kelas IX MTs P3A GUPPI Rangas?. Ketiga, apakah media sosial berpengaruh terhadap akhlak berpakaian peserta didik kelas IX MTs P3A GUPPI Rangas?. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi peserta didik dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX yang berjumlah 33 peserta didik dan peneliti menggunakan teknik total sampling sehingga populasi tersebut menjadi sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 25.0. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini adalah : pertama, penggunaan media sosial peserta didik MTs P3A GUPPI Rangas dalam kategori tinggi dengan presentase 57,5% sebanyak 19 responden. Kedua, mengenai akhlak berpakain peserta didik menunjukkan bahwa akhlak berpakaian peserta didik masuk dalam kategori baik dengan presentase 42,4% sebanyak 14 responden. Ketiga, hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media sosial dan akhlak berpakaian peserta didik. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana Y= 14,536 + 0,565 X, diperoleh thitung 4,204, kemudian membandingkan nilai signifikansi 0,000<0,05 serta dari perhitungan SPSS 25.0 diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 36,3%, maka diperoleh keputusan Ha diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang berbunyi terdapat pengaruh penggunaan media sosial terhadap akhlak berpakaian peserta didik kelas IX MTs P3A GUPPI Rangas. Kata Kunci: Media Sosial, Akhlak, Akhlak Berpakaian
-
ItemPEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM PONDOK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MAJENE(Repository STAIN MAJENE, 2025-03-13)ABSTRAK Nama : FALDI NIM : 10156120162 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Pembinaan Akhlak Peserta Didik melalui Program Pondok di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Majene Pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pembinaan akhlak peserta didik melalui program pondok madrasah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi program pondok madrasah dan mendeskripsikan dampak serta faktor-faktor yang mempengaruhi program pondok di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Majene. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan fenomenologi, peneliti memperoleh data dari wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) program pondok berfokus pada pembinaan akhlak peserta didik, kemampuan membaca dan pengetahuan tentang salat. Program pondok bertujuan sebagai pembentukan karakter, pendidikan agama yang kuat, pengembangan kesadaran serta pengembangan karakter sosial. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan, yakni metode tutor sebaya, pembiasaan (ibadah), dan ceramah. (2) Program pondok berdampak positif baik dari segi pengetahuan maupun akhlak, dengan materi yang disajikan melalui metode keteladanan dan pembiasaan. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program pondok, faktor pendorong meliputi: dukungan kepala madrasah dan guru pembina, sarana dan prasarana, serta adanya dukungan dari orang tua peserta didik. kemudian yang menjadi faktor penghambat meliputi: kecanduan dalam penggunaan gadget, kurang antusiasnya peserta didik mengikuti program pondok, kurangnya dukungan orang tua, dan kendala waktu. Kata Kunci: Pembinaan Akhlak, Program Pondok Madrasah.
-
ItemHUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI FIKIH TAHARAH DENGAN KEMAMPUAN PRAKTIK BERWUDU PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs HUSNUL KHATIMAH POLEWALI(Repository STAIN MAJENE, 2025-03-13)ABSTRAK Nama : Emilina Nim 101561181013 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Hubungan Pemahaman Materi Fikih Taharah Dengan Kemampuan Praktik Berwudhu Peserta Didik Kelas VIII Mts Husnul Khatimah Polewali Pemahaman materi taharah merupakan kemampuan dalam mengingat kembali materi yang telah dipelajari. Kemampuan praktik berwudhu merupakan kemampuan seseorang dalam berwudhu dengan baik dan benar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional, tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adala teknik random sampling. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes pilihan ganda dan tes praktik. Tekhnik analisis data yang digunakan adalan analisis desktiptif dan inferensial dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman materi fikih taharah peserta didik kelas VIII MTs Husnul Khatimah Polewali berada pada kategori sedang yaitu 76.10% dilihat dari hasil tes pilihan ganda dari 59 responden. (2) kemampuan praktik berwudhu peserta didik kelas VIII MTs Husnul Khatimah Polewali berada pada kategori tinggi yaitu 84.40% dilihat dari hasil tes praktik berwudhu dari 59 responden. (3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan nilai signifikasinya 0.014 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yang memiliki arti bahwa terdapat korelasi pemahaman materi fikih taharah terhadap kemampuan praktik berwudhu peserta didik kelas VIII MTs Husnul Khatimah Polewali. Kata Kunci: Pemahaman, Fikih Taharah, Kemampuan, Praktik Berwudhu