Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
1 - 5 of 247
-
ItemNilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pappasang Mandar di Desa Karama(Repository STAIN Majene, 2025-06-30)ABSTRAK Nama : Muliana Rahmadina Hamza NIM 10156119120 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pappasang Mandar di Desa Karama Penelitian ini membahas mengenai Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Pappasang Mandar di Desa Karama. Adapun yang menjadi pokok masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk tradisi pappasang pada masyarakat desa Karama. 2) Nilai-nilai Pendidikan Islam apa yang terkandung dalam pappasang. Tradisi pappasang dalam masyarakat Mandar merupakan suatu pesan, nasehat atau wasiat yang para leluhur jadikan sebagai sarana dalam mendidik anak-anaknya dan para generasi penerus untuk selalu dijadikan pedoman dan tuntutan dalam menjalani kehidupan. Pesan dan nasehat yang ada dalam pappasang harus selalu dipatuhi, diindahkan serta dijaga dan dilestarikan secara turun temurun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dimana data yang diperoleh dari hasil wawancara dari berbagai informan, dan observasi yakni pengamatan secara langsung di lapangan. Dengan menggunakan pendekatan fenomologis dan antropologi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
-
ItemPengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Arab Prodi PAI Angkatan 2023 di STAIN Majene.(RepositorySTAIN Majene, 2025-06-30)ABSTRAK Nama : Pitriani Nim : 10156120048 Prodi : Pendidikan Agama Islam Judul : Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Arab Prodi PAI Angkatan 2023 di STAIN Majene. Skripsi ini membahas tentang pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar mata kuliah bahasa Arab prodi PAI angkatan 2023 di STAIN Majene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kepercayaan diri mahasiswa prodi PAI angkatan 2023 di STAIN Majene, (2) Tingkat hasil belajar mahasiswa prodi PAI angkatan 2023 di STAIN Majene, (3) Apakah terdapat pengaruh percaya diri terhadap hasil belajar mahasiswa prodi PAI angkatan 2023 di STAIN Majene. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi PAI angkatan 2023 yang berjumlah 136 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin maka terdapat 101 mahasiswa dan penentuan sampelnya menggunakan simple random sampling. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa; (1) Tingkat kepercayaan diri berada dalam kategori tinggi, dengan frekuensi 52 responden dengan presentase 51,5%. (2) Tingkat hasil belajar mata kuliah bahasa Arab berada dalam kategori amat baik memperoleh nilai rata-rata 90,3. (3) Ada pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar mata kuliah bahasa Arab dengan koefisien determinasinya sebesar 21,5%, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin tinggi pula hasil belajar. Kata Kunci : Kepercayaan Diri Mahasiswa, Hasil Belajar
-
ItemAnalisis Problem Guru Dalam Mengaplikasikan RDM (Rapor Digital Madrasah) di MI GUPPI Saleppa Kabupaten Majene.(Repository STAIN Majene, 2025-06-30)ABSTARK Nama : Muh. Hasim NIM : 10156119073 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Analisis Problem Guru Dalam Mengaplikasikan RDM (Rapor Digital Madrasah) di MI GUPPI Saleppa Kabupaten Majene. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaplikasian RDM oleh guru dan Apa saja problem yang dialami guru dalam mengaplikasikan RDM di MI GUPPI Saleppa Kabupaten Majene. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang membangun makna berdasarkan data lapangan. Prosedur penelitian kualitatif ini, menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut diambil kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: adanya penggunaan Aplikasi RDM (Rapor Digital Madrasah) di MI GUPPI Saleppa. Hasil penelitian dari analisis problem guru dalam mengaplikasikan RDM (Rapor Digital Madrasah) di MI GUPPI Saleppa yaitu Aplikasi RDM (Rapor Digital Madrasah) digunakan oleh guru, baik guru kelas/wali kelas ataupun guru mata pelajaran untuk memasukkan nilai peserta didik dengan penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik secara otomatis. Namun, ternyata masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam penggunaannya, seperti masalah login, sinyal yang kurang baik, serta kurangnya pemahaman guru terhadap IT sehingga menyulitkan guru-guru dalam proses pengisian RDM dikarenakan kurangnya pelatihan. Hal ini justru berbanding terbalik dengan harapan pemerintah dalam menerapkan pengisian rapor digital yang bertujuan agar mempermudah guru-guru dalam proses pengisian rapor di sekolah malah mejadi mempersulit, sehingga hal ini berdampak pada keterlambatan proses pembagian rapor peserta didik di MI GUPPI Saleppa Kabupaten Majene.
-
ItemPengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Tingkat Kreativitas Peserta Didik Kelas XI Agama MAN 1 Polewali Mandar(Repository STAIN Majene, 2025-06-25)ABSTRAK Nama : Masitha Almukarramah NIM : 10156121015 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Tingkat Kreativitas Peserta Didik Kelas XI Agama MAN 1 Polewali Mandar Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui tingkat penggunaan model pembelajaran berbasis proyek peserta didik kelas XI Agama MAN 1 Polewali Mandar, 2. Mengetahui tingkat kreativitas peserta didik kelas XI Agama MAN 1 Polewali Mandar, dan 3. mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas peserta didik kelas XI Agama MAN 1 Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 112 orang dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dibagikan kepada peserta didik, kemudian diolah menggunakan software SPSS 25. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji statistik inferensial seperti uji normalitas data, linearitas, dan uji persamaan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Tingkat Kreativitas Peserta Didik kelas XI Agama MAN 1 Polewali Mandar. Dari hasil analisis diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,427, yang artinya bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 42,7% dan sebanyak 57,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Peserta didik
-
ItemEFEKTIVITAS METODE DISKUSI TIPE SYNDICATE GROUP DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 3 MAJENE(Repository STAIN Majene, 2025-06-25)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap belajar peserta didik pada pelajaran PAI sebelum dan sesudah penerapan metode diskusi tipe syndicate group dan untuk mengetahui efektivitas metode diskusi tipe syndicate group dalam meningkatkan sikap belajar peserta didik dalam pelajaran PAI di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Majene. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan pre-eksperimen design tipe (One Groups Pretest-Posttest). Sampel penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 23 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan pada pretest didapatkan 7 (tujuh) peserta didik masuk dalam kategori kurang baik, 15 (lima belas) peserta didik masuk dalam kategori cukup, dan 1 (satu) peserta didik yang memperoleh kategori baik. Nilai pretest diperoleh dengan rata-rata (Mean) angka sebesar 56,04, minimum sebesar 42 dan Maximum sebesar 69. dan hasil posttest didapatkan 9 (Sembilan) peserta didik yang masuk dalam kategori baik, dan 14 (empat belas) peserta didik yang masuk dalam kategori sangat baik. Nilai pretest diperoleh dengan rata-rata (Mean) angka sebesar 82,9, minimum sebesar 75 dan Maximum sebesar 88. Uji efektivitas dengan normalize gain didapatkan metode yang digunakan dapat dianggap memiliki tingkat efektivitas yang cukup efektif, mengingat nilai n gain yang diperoleh sebesar 60,72% ini berdasar pada kategori tafsiran n-gain, metode dianggap cukup efektif apabila nilai rata-ratanya berada pada rentang 56 75%. umtuk uji T-test didaptakan rata-rata nilai pretest adalah 56,04, sementara rata-rata nilai posttestnya adalah 82,91. Dengan nilai rata-rata pretest yang lebih rendah dari posttest (56,04 < 82,91), terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua nilai tersebut. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,000, yang kurang dari nilai ambang batas yang telah ditetapkan (0,05). Oleh karena itu, hipotesis nol (H0) ditolak, mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara kondisi sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran klarifikasi nilai.