Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
1 - 5 of 350
-
ItemPenerapan Media Pembelajaran Media Strip Story pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV A MI Nuhiyah Pambusuang.(Repository STAIN MAJENE, 2025-12-24)ABSTRAK Nama : Nur Faika Syahrir Nim : 10156120028 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Penerapan Media Pembelajaran Media Strip Story pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV A MI Nuhiyah Pambusuang. Skripsi ini membahas tentang penerapan media pembelajaran media strip story pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV A mi nuhiyah pambusuang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar peserta didik sebelum diterapkannya media pembelajaran Strip Story pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Nuhiyah Pambusuang. (2) Mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar dari peserta didik setelah diterapkannya media pembelajaran Strip Story pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Nuhiyah Pambusuang. (3) Mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah penerapan media pembelajaran strip story pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Nuhiyah Pambusuang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, yaitu desain One-Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah 19 peserta didik dan sampel penelitian ini, menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampel jenuh yang berarti seluruh peserta didik kelas IV A MI Nuhiyah Pambusuang. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah soal tes. Instrumennya ialah lembar soal pre-test dan post-test dengan menggunakan teknik analisis data, yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji-t test (paired samples test). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum penerapan media pembelajaran strip story diperoleh nilai rata-rata sebesar 31,65 yang termasuk dalam kategori rendah dengan nilai peserta didik yang paling tinggi 40 dan nilai paling rendah 13. (2) Hasil belajar peserta didik setelah penerapan media pembelajaran strip story diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,07 yang termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai peserta didik yang paling tinggi 93 dan nilai paling rendah 47. (3) Penerapan media pembelajaran strip story bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan hasil uji-t test memperoleh nilai p - value sebesar 0,000 < dari 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Kata kunci : Strip Story, Hasil Belajar, SKI.
-
ItemPenerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan k literasi digital skill pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX MTs Guppi Majene(Repository STAIN MAJENE, 2025-12-24)ABSTRAK Nama : Husnia NIM : 10156129228 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan k literasi digital skill pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX MTs Guppi Majene Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah penerapan model project based learning dalam meningkatkan literasi digital skill peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Guppi Majene. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana literasi digital skill peserta didik sebelum menerapkan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Guppi Majene (2) Bagaimana literasi digital skill peserta didik setelah menerapkan model pelajaran project based learning pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX MTs Guppi (3) Apakah model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan literasi digital skill peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Guppi Majene. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yaitu desain One-Group Prestest-Posttest. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX di MTs Guppi Majene dengan jumlah 22 orang peserta didik, sedangkan sampel penelitian adalah juga seluruh peserta didik kelas IX. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel karena jumlah populasi kurang dari 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan instrumennya adalah lembar kuesioner pretest dan posttest dengan menggunakan teknik analisis data, yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji normalitas serta uji-t test (paired samples test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) literasi digital skill peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran project based learning pada ma ta pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Guppi Majene berada dalam kategori sedang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan perhitungan dengan menggunkan skala likert memperoleh hasil nilai rata-rata 3,05. (2) literasi digital skill peserta didik setelah penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Guppi Majene berada dalam kategori tinggi. Hal ini dapat diketahui berdasarkan perhitungan dengan menggunkan skala likert memperoleh hasil nilai rata-rata 3,42. (3) penerapan model pembelajaran project based leaning dapat meningkatkan literasi digital skill peserta didik, dengan hasil uji paired samples test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,007 kurang dari 0,05 atau 0,007 < dari 0,05, Jadi dapat disimpulkan bahwasanya H1 diterima dan H0 ditolak, artinya penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kemampuam literasi digital skill peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX MTs Guppi Majene.
-
ItemPengaplikasian Media Audio Visual Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk Menarik Minat Belajar Prserta Didik Kelas VI Di SDN 015 Tandung Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar(Repository STAIN MAJENE, 2025-12-24)ABSTRAK Nama :Subuhan Nim :10156120143 Program studi :Pendidikan Agama Islam Judul :Pengaplikasian Media Audio Visual Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk Menarik Minat Belajar Prserta Didik Kelas VI Di SDN 015 Tandung Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar pada penelitian ini, penulis mengambil topik mengenai pengaplikasian media audio visual dalam pembelajaran untuk menarik serta meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VI di SDN 015 Tandung pada mata pelajaran PAI. Pemilihan topik ini diambil sesuai dengan hasil observasi awal peneliti di lapangan. Penulis melihat keadaan disekolah tersebut bahwa dalam proses pembelajaran di kelas pada mata pelajaran PAI sudah menggunakan alat berupa media pembelajaran audio visual yang disesuaikan dengan materi pembelajaran PAI. Peneliti ingin mengetahui dan melihat seperti apa pengaplikasian media audio visual dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, yaitu suatu penelitian ilmiah yang mengkaji dan menyelidiki sutau peristiwa yang dialami oleh seorang individu atau kelompok. Adapun metode pengumpulan data adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan teknik triagulasi dalam mengolah data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaplikasian media audio visual dalam pembelajaran membantu pendidik dalam menyajikan materi pemebelajaran dalam bentuk animasi atau karun kepada peserta didik serta peserta didik beminat memperhatikan materi pembelajaran yang ditampilkan dalam bentuk animasi atau kartun, tetapi masih ada sebagian peserta didik yang tidak terlalu fokus dan bahkan masih sering ribut dalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: Pengaplikasian, Media Audio Visual, Minat Belajar 1 BAB 1 PENDAHULUAN
-
ItemAnalisis Faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Sebagai Penyebab Ketidaklulusan pada Kelas XII di SMA Negeri(Repository STAIN MAJENE, 2025-12-24)Nama : Nur Wahyuni Nim : 10156120116 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Sebagai Penyebab Ketidaklulusan pada Kelas XII di SMA Negeri 1 Tinambung Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Sebagai Penyebab Ketidaklulusan pada Kelas XII di SMA Negeri 1 Tinambung dengan mengangkat satu rumusan masalah bagaimana analisis faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada kelas XII di SMA Negeri 1 Tinambung sehingga tidak mencapai KKM? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, metode pengumpulan data penelitian melalui proses wawancara dengan peserta didik yang mengalami ketidaklulusan sebagai sumber data utama, adapun yang menjadi sumber data pendukung pada penelitian ini adalah Wali kelas, orang tua dan teman seangkatan informan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar sebagai penyebab ketidaklulusan adalah faktor internal yang meliputi; 1. Faktor intelegensi yaitu kurangnya pemahaman peserta didik dengan materi yang disampaikan oleh guru, 2. Faktor minat yaitu kurangnya minat yang menjadi penyebab peserta didik malas sekolah dan sering bolos, 3. Faktor motivasi yaitu kurangnya kemauan dalam belajar karena shift-shiftan masuk kelas. Selain faktor internal terdapat juga faktor eksternal yang menjadi penyebab ketidaklulusan yaitu; 1. Faktor keluarga yaitu tidak adanya perhatian dari orang tua kepada anaknya, 2. Faktor sekolah yaitu suasana kelas yang kurang menyenangkan, 3. Faktor lingkungan sekitar yaitu kurangnya dukungan dari lingkungan sekitarnya untuk belajar seperti teman sepergaulannya. Kata kunci : Faktor yang mempengaruhi hasil belajar, ketidaklulusan, kelas XII
-
ItemPengaruh Penerapan Metode Sabaq Sabqi Manzil terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik di SMP IT Tahfidzul Qur’an Lembang.(Repository STAIN MAJENE, 2025-12-24)ABSTRAK Nama : Ikhsan Hamza Nim : 10156121171 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Pengaruh Penerapan Metode Sabaq Sabqi Manzil terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik di SMP IT Tahfidzul Qur’an Lembang. Tingginya motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik di SMP IT Tahfidzul Qur’an Lembang menjadi salah satu capaian yang patut diapresiasi. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta didik yang mengikuti program hafalan mampu mencapai target yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Kondisi ini menunjukkan adanya pengaruh dari penerapan metode Sabaq Sabqi Manzil yang digunakan dalam proses pembelajaran Tahfiz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Sabaq Sabqi Manzil terhadap motivasi menghafal Al- Qur’an peserta didik, serta mendeskripsikan tingkat motivasi yang dimiliki peserta didik selama metode ini diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif dengan jenis penelitian ex post facto. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP IT Tahfidzul Qur’an Lembang sebanyak 26 orang yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan regresi linear sederhana menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Sabaq Sabqi Manzil berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata mean sebesar 3,31, sedangkan motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata mean sebesar 3,43. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa penerapan metode Sabaq Sabqi Manzil berpengaruh signifikan terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,262, yang berarti penerapan metode ini memberikan kontribusi sebesar 26,2% terhadap variasi motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Sabaq Sabqi Manzil berpengaruh terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik di SMP IT Tahfidzul Qur’an Lembang. Kata Kunci: Metode Sabaq Sabqi Manzil, Motivasi Menghafal Al-Qur’an, SMP IT Tahfidzul Qur’an Lembang.