Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
1 - 5 of 160
-
ItemHUBUNGAN KEPRIBADIAN (EXTROVERT DAN INTROVERT) DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK LAKI-LAKI KELAS X DI SMK NEGERI 3 MAJENE(Repository STAIN Majene, 2024-10-29)Penelitian ini berawal dari kepribadian siswa yang berbeda, tentu akan mempengaruhi hasil belajar pendidikan agama islam. Hasil ini terlihat dari skala kepribadian yang diberikan kepada peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Majene. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepribadian terhadap hasil belajar pendidikan agama islam kela X SMK Negeri 3 Majene. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan tujuan menguji korelasi atau hubungan pada data yang bersifat kuantitatif/statistic. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah non random smpling dengan mengambil kelas X NKN 1 yang berjumlah 35 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah skala kepribadian yang menggunakan 30 item pernyataan diantaranya terdiri dari 15 ekstrovert dan 15 introvert. Pengukuran skala ini menggunakan skala kepribadian ekstrovert dan introvert dimana jawaban responden dilengkapi dengan pernyataan instrument penelitian dibuat dalam bentuk ceklist. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan adanya hubungan antara tipe kepribadian (ekstrovert dan introvert) terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di kelas X SMK Negeri 3 Majene.
-
ItemANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAMSTAIN MAJENE TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN TINGGI BAGI KAUM PEREMPUAN(Repository STAIN Majene, 2024-10-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pemahaman mahasiswa program studi PAI STAIN Majene tentang pentingnya pendidikan tinggi bagi kaum perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan desain penelitian jenis survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam semester III angkatan 2022, dengan sampel berjumlah 50 orang yang diwakili 10 orang perempuan dari 5 kelas masing-masing. Peneliti menggunakan metode random samplingMetode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti yang membahas tentang analisis pemahaman mahasiswa tentang pentingnya pendidikan tinggi bagi kaum perempuan menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa berada dalam kategori sangat tinggi yakni sangat paham karena memperoleh kriteria skor ideal 90,1%, karena berada dalam rentang 78% -95%, yang menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa berada pada kategori sangat tinggi.
-
ItemPENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII B PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTs. DDI BARU KEC. LUYO KAB. POLEWALI MANDAR(Repository STAIN Majene, 2024-10-29)Skripsi ini membahas tentang penerapan media pembelajaran “kokami” dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI peserta didik kelas VII B MTs. DDI Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat minat belajar peserta didik sebelum penerapan media pembelajaran “kokami”, (2) Tingkat minat belajar peserta didik setelah penerapan media pembelajaran “kokami”, (3) Apakah penerapan media pembelajaran “kokami” dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII B MTs. DDI Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, yaitu desain One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII B MTs. DDI Baru dengan jumlah populasi 32 peserta didik dan sampel penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampel jenuh berarti seluruh peserta didik kelas VII B MTs. DDI Baru. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket dan dokumentasi. Instrumennya ialah lembar angket pre-test dan post-test dengan menggunakan teknik analisis data, yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji normalitas serta uji-t test (paired samples test). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan; (1) Tingkat minat belajar peserta didik sebelum penerapan media pembelajaran “kokami” termasuk kategori sedang. Hasil angket pre-test minat belajar peserta didik memperoleh nilai rata rata sebesar 3,32, yaitu 1 responden atau 3% berada dalam kategori rendah, 19 responden atau 59% berada dalam kategori sedang, 12 responden atau 38% berada dalam kategori tinggi dan tidak ada responden atau 0% berada dalam kategori sangat rendah dan sangat tinggi; (2) Tingkat minat belajar peserta didik setelah penerapan media pembelajaran “kokami” termasuk kategori tinggi. Hasil angket post-test minat belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,18, yaitu 24 responden atau 75% berada dalam kategori tinggi, 8 responden atau 25% berada dalam kategori sangat tinggi dan 0 responden atau 0% berada dalam kategori sangat rendah, rendah, dan sedang; (3) Penerapan media pembelajaran “kokami” dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, dengan hasil uji Paired samples test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 atau 0,000 < dari 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak.
-
ItemIMPLEMENTASI NILAI TASAMUH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 CAMPALAGIAN(Repository STAIN Majene, 2024-10-29)Penelitian ini membahas tentang implementasi nilai tasamuh dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Campalagian dengan rumusan masalah: 1. Bagaimana implementasi nilai tasamuh dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Campalagian. 2. Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai tasamuh dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Campalagian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, kemudian pendekatan yang dilakukan dengan memakai pendekatan fenomenologi, lalu sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun instrumen sebagai suatu alat yang digunakan untuk mengukur fenomena dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Kemudian Menyusun pedoman wawancara yang berisi pertanyaan, serta pedoman observasi dan beberapa dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi nilai tasamuh dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Campalagian diimplementasikan melalui Implementasi nilai tasamuh melalui saling percaya, saling menghargai dan menghormati, terbuka dalam berpikir, apresiasi dan interdependensi, serta guru bersikap adil dan tidak membeda-bedakan seluruh peserta didik. Faktor pendukung yaitu, kegiatan keagamaan, kepribadian peserta didik, bahan ajar yang mendukung, dan kompetensi guru. Faktor penghambat yaitu antusiasme peserta didik yang berbeda-beda.
-
ItemPENERAPAN PROGRAM TARBIYAH ISLAMIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VI SD ISLAM TERPADU TAHFIDZUL QURAN DI MAJENE(Repository STAIN Majene, 2024-10-29)Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagusnya karakter peserta didik di SDIT Tahfidzul Qur’an seperti karakter jujur, disiplin, gemar membaca dan tanggung jawab. Oleh karena itu, peneliti mengambil judul yang terkait dengan karakter peserta didik melalui kegiatan program tarbiyah Islamiyah. Tarbiyah Islamiyah dilaksanakan setiap hari Rabu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapanprogram tarbiyah Islamiyah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus, lokasi penelitian di SD Islam Terpadu Tahfidzul Quran Di Majene. Dan yang menjadi informasi dalam penelitian ini yakni kepala sekolahSDIT Tahfidzul Quran Majene, dan murabbi/murabbiya tarbiyah Islamiyah. Peneliti memperoleh data dari dua sumber yaitu melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan denganmenggunakan jenis penelitian kualitatif untuk melihat dan mengungkapkan suatu kondisi ataupun sebuah objek berdasarkan data lapangan prosedur penelitian kualitatif ini, menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan yaitu bagaimana penerapan tarbiyah Islamiyah dalam membentuk karakter peserta didik adalah pada kegiatan awal adanya menyetor hafalan peserta didik. adapun kegiatan inti meliputi tahsinul qira’ah/ tahsin bersama, adanya tausiyah dari murabbi/murabbiya dan memberikan meteri yang meliputi akhlak anak Islam, ibadah praktis, akidah Islam dan sirah nabawi. Sedangkan penutup murabbi dan mutarabbi bersama-sama membaca kafaratul majelis. Tarbiyah Islamiyah dibagi menjadi tiga yaitu 1) tarbiyah ruhiyah yaitu memberikan materi kepada santri-santriwati seperti kiyamul lail, sholat berjamaah, tilawah dan tadabbur al-qur’an dan dzikir. 2) tarbiyah akhliyah memberikan pemahaman kepada santri-santriwati seperti tauhid, akidah Islam dan fiqh ibadah. 3) tarbiyah jazadiyah berupa kegiatan jazadiyah seperti lomba lari, senam, sepak bola dan rihlah.