Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Kelas VI di SD 027 Renggeang
Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Kelas VI di SD 027 Renggeang
No Thumbnail Available
Date
2025-07-28
Authors
Adila Aprilia Aslan
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN Majene
Abstract
ABSTRAK
Nama : Adila Aprilia Aslan
Nim : 10156119003
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Motivasi
Belajar Kelas VI di SD 027 Renggeang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi
Kepribadian Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Kelas VI di SD 027 Renggeang.
Tujuan penelitian adalah sebagai berikut (1) Untuk mengetahui tingkat kompetensi
kepribadian guru PAI? (2) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta
didik? (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru
PAI terhadap motivasi belajar di kelas VI SD 027 Renggeang?
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang
menggambarkan angka-angka dari data hasil analisis pengaruh kompetensi
kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VI di SD 027
Renggeng. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini adalah: (1) tingkat
kepribadian guru sebesar 87% berada di kategori baik. (2) tingkat motivasi belajar
sebesar 83% berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian hipotesis
nilai p-value yaitu 0,000<0,05 (nilai alpha) yang berarti bahwa H1 diterima H0
ditolak sehingga ada pengaruh motivasi peserta didik di SD 027 Renggeang.
Kontribusi pengaruh variabel bebas (kepribadian guru) terhadap variabel terikat
(motivasi belajar peserta didik) adalah 57,2 dan sisanya 43,7 dipengaruhi oleh
variabel lain.
Kata kunci: Kepribadian Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik