Strategi Komunikasi Stasiun Meteorologi Kelas II Tampa Padang Mamuju dalam Menyampaikan Informasi Prakiraan Cuaca Kepada Nelayan Tanpa Akses Media Sosial

No Thumbnail Available
Date
2025-07-31
Authors
Andi Yusrah AR.
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN Majene
Abstract
ABSTRAK Nama : ANDI YUSRAH AR. NIM : 30356120002 Program Studi : Komunikasi dan Penyiaran Islam Judul : Strategi Komunikasi Stasiun Meteorologi Kelas II Tampa Padang Mamuju dalam Menyampaikan Informasi Prakiraan Cuaca Kepada Nelayan Tanpa Akses Media Sosial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Stasiun Meteorologi Kelas II Tampa Padang Mamuju dalam menyampaikan informasi prakiraan cuaca kepada nelayan tanpa akses media sosial dan mengidentifikasi faktor penghambat dan faktor pendukungnya. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan Stasiun Meteorologi Kelas II Tampa Padang meliputi: survei, kunjungan ke nelayan, memiliki sumber daya yang berkualitas, bekerja sama dengan stakeholder, pemanfaatan sumber daya lokal, sosialisasi, siaran radio, persuratan, koordinasi melalui telepon, interaksi tatap muka, tinjauan hasil survei di lapangan, mengukur kinerja penyampaian informasi, dan pengambilan tindakan korektif. Faktor penghambat utama dalam strategi komunikasi Stasiun ini adalah ketergantungan nelayan pada pengetahuan tradisional, keterbatasan teknologi, dan tekanan ekonomi. Adapun faktor pendukungnya, antara lain peran aktif keluarga dan tingkat kesadaran nelayan akan pentingnya keselamatan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Stasiun Meteorologi, Prakiraan Cuaca, Nelayan.
Description
Keywords
Citation