Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Keagamaan di SD Negeri No 24 Inpres Luaor
Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Keagamaan di SD Negeri No 24 Inpres Luaor
No Thumbnail Available
Date
2025-10-13
Authors
Mutia Tasya
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN Majene
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai
pendidikan Islam melalui kegiatan keagamaan, serta dampaknya terhadap peserta
didik di SD Negeri No. 24 Inpres Luaor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
fenomena unik di mana sekolah dasar negeri ini secara konsisten menjuarai
berbagai lomba keagamaan, sehingga menarik untuk diteliti lebih dalam proses
pembinaan keagamaannya.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi
sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles
dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan
Islam di sekolah ini dilakukan melalui kegiatan keagamaan harian dan mingguan,
seperti salat berjamaah, tadarus pagi, Kamis Beriman, kultum, dan Jumat Sedekah.
Nilai-nilai yang ditanamkan mencakup disiplin, tanggung jawab, empati, sopan
santun, dan ukhuwah. Dampaknya terlihat dari perubahan sikap peserta didik yang
menjadi lebih disiplin, religius, dan peduli terhadap sesama.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan keagamaan yang dilaksanakan
secara konsisten dan menyatu dengan kehidupan sekolah merupakan media yang
efektif dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik tingkat
sekolah dasar.
Kata Kunci : Penanaman Nilai, Pendidikan Islam, Kegiatan Keagamaan.