Pengaruh Pojok Literasi terhadap Minat Baca Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 007 Sidodadi Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar
Pengaruh Pojok Literasi terhadap Minat Baca Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 007 Sidodadi Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar
No Thumbnail Available
Date
2025-10-13
Authors
Nuraqillah
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN Majene
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh pojok literasi terhadap minat baca
peserta didik pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 007 Sidodadi Kec.
Wonomulyo Kab. Polewali Mandar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(1) Tingkat pelaksanaan pojok literasi di SDN 007 Sidodadi, (2) Tingkat minat
baca peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 007
Sidodadi, (3) Pengaruh pojok literasi terhadap minat baca peserta didik pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 007 Sidodadi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan
regresi. Adapun metode pengumpulan data dengan menggunakan
angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini yaitu: 1)
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan pojok literasi di SD Negeri 007
Sidodadi yaitu 92,3% yang termasuk dalam kategori tinggi. 2) Minat baca peserta
didik pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 007 Sidodadi yaitu 89,4% yang
termasuk dalam kategori tinggi. 3) Hasil penelitian pengujian hipotesis pojok
literasi terhadap minat baca peserta didik pada mata pelajaran PAI dengan tingkat
signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan
H0 ditolak atau dapat dikatakan terdapat pengaruh pojok literasi terhadap minat
baca peserta didik pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 007 Sidodadi Kec.
Wonomulyo Kab. Polewali Mandar.
Kata kunci : Pojok Literasi, Minat Baca, PAI