Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 6 Majene.
Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 6 Majene.
No Thumbnail Available
Date
2025-10-13
Authors
Muhammad Heri Sofiyan
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN Majene
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat fasilitas sekolah dan
mengetahui tingkat prestasi belajar pada mata pelajaran PAI serta mengetahui
pengaruh fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata
pelajaran PAI di SMPN 6 Majene. Adapun beberapa rumusan masalah penelitian
ini adalah sebagai berikut: pertama, bagaimana fasilitas sekolah di SMPN 6
Majene? Kedua, bagaimana prestasi belajar peserta didik pada mataa pelajaran
PAI di SMPN 6 Majene? Ketiga, bagaaimanaa pengaruh fasilitas sekolah terhadap
prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 6 Majene?
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi peserta didik dalam
penelitian ini ialah 374 peserta didik SMPN 6 Majene, dengan pemilihan sampel
menggunakan simple random sampling yang besaran sampelnya ditentukan
dengan rumus slovin sehingga sampel diperoleh 79 peserta didik sebagai
responden. Metode pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif, analisis uji coba
instrumen dengan bantuan aplikasi SPSS 26, dan analisis uji regresi linear
sederhana pada tarafsignifikansi 5%.
Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini ialah: pertama,
fasilitas sekolah di SMPN 6 Majene berada dalam kategori sangat baik dengan
persentase 53,2% sebanyak 42 responden. Kedua, mengenai prestasi sekolah pada
mata pelajaran PAI, menunjukan prestasi belajar peserta didik berada dalam
kategori baik dengan persentase sebesar 73,4% dari 58 peserta didik. Ketiga, hasil
analisis diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas sekolah
terhadap prestasi belajar peserta didik berdasarkan hasil uji regresi linear
sederhana diperoleh thitung 0,200 < ttabel 1,991, pada taraf signifikansi 5% dengan
0,842 > 0,050 maka diperoleh keputusan Ha ditolak dan Ho diterima yang berarti
bahwa tidak ada pengaruh antara fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar peserta
didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 6 Majene.
Kata Kunci: Fasilitas Sekolah, Prestasi Belajar, PAI.