Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di SMA Negeri 1 Pamboang
Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di SMA Negeri 1 Pamboang
No Thumbnail Available
Date
2025-10-30
Authors
ALMA MUTIA
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN Majene
Abstract
ABSTRAK
Nama : ALMA MUTIA
Nim : 10156121105
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Judul : Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di SMA Negeri 1
Pamboang
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kesiapan guru
Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengimpelementasikan pembelajaran
berdiferensiasi di SMA Negeri 1 Pamboang. Penelitian bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis tingkat kesiapan guru PAI dalam implementasi
pembelajaran berdiferensiasi di SMA Negeri 1 Pamboang. Metode penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif dipilih untuk mengeksplorasi guru PAI
dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi khususnya dalam
aspek asesmen diagnostik kognitif, perancangan strategi pembelajaran, dan
evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan ketiga aspek guru PAI di SMA Negeri 1
Pamboang belum sepenuhnya siap mengimplementasikan pembelajaran
berdiferensiasi secara optimal. Meskipun menunjukkan kesiapan baik dalam aspek
evaluasi pembelajaran, guru masih memiliki kelemahan mendasar pada asesmen
diagnostikserta strategi pembelajaran yang masih terbatas pada metode ceramah
dan diskusi dengan media monoton. Ketidaksiapan dalam asesmen diagnostik
sangat kritis karena merupakan fondasi pembelajaran berdiferensiasi yang
berdampak pada tidak optimalnya penyusunan strategi sesuai keberagaman
peserta didik. Dengan demikian, kesiapan guru PAI dapat dikategorikan sebagai
parsial atau kurang siap, sehingga diperlukan pelatihan dan pendampingan intensif
sebelum dapat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi secara efektif
dan komprehen.
Penelitian ini berimplikasi perlunya upaya menyeluruh untuk
mempersiapkan guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi,
meliputi pengembangan program pelatihan berkelanjutan dan pendampingan
intensif khususnya dalam penguasaan asesmen diagnostik kognitif sebagai fondasi
utama, diversifikasi strategi pembelajaran yang adaptif terhadap keberagaman
peserta didik, serta revisi kebijakan kurikulum pelatihan guru dan pengembangan
panduan implementasi yang lebih aplikatif untuk memastikan integrasi holistik
ketiga aspek pembelajaran berdiferensiasi secara optimal di tingkat sekolah
menengah.
Kata Kunci: Kesiapan Guru, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran
Berdiferensiasi,