Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divison (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII D di MTs Negeri 1 Majene

No Thumbnail Available
Date
2025-12-04
Authors
Paudia Sari
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN MAJENE
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar peserta didik ditandai dengan beberapa peseerta didik yang tidak memperhatikan dalam proses pembelajaran, kurangnya konsentrasi dalam proses pembelajaran, peserta didik juga terlihat bosan saat belajar, peserta didik lebih banyak mengobrol, dan bermain dengan sesama temanya. Selain itu, kebiasaan lain yang dilakukan oleh peserta didik yaitu meninggalkan kelaspada saat jam Pelajaran. bercerita di luar kelas dengan teman-temannya, dan pergi ke kantin makan pada saat jam pelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pada penelitian kuantitaf dengan pendekatan Pre- Experimenal Design menggunakan jenis Pre-Test dan Post-Test One Group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelasVIII D. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar test sebanyak 16 soal yang diberikan kepada peserta didik pada saat Pre-test dan Post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas VIII D MTs Negeri 1 Majene pada mata pelajaran Akidah Akhlak sebelum penerapan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) masih tergolong sangat rendah dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 43,00. Dari 21 peserta didik, terdapat 3 orang (14%) berada pada kategori sangat rendah, 6 orang (29%) dalam kategori rendah, dan 9 orang (43%) dalam kategori cukup, serta tidak ada peserta didik yang termasuk dalam kategori tinggi maupun sangat tinggi. Setelah penerapan model pembelajaran STAD, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata-rata nilai post-test sebesar 84,80. Dari 21 peserta didik tersebut, terdapat 5 orang (23,80%) berada dalam kategori tinggi dan 17 orang (80,95%) berada dalam kategori sangat tinggi, serta tidak ada peserta didik yang berada dalam kategori rendah maupun cukup. Berdasarkan hasil uji statistik paired sample t-test, diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Dengan demikian, hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Majene. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Students Teams Ahievement Division (STAD), Hasil Belajar, Akidah Akhlak.
Description
Keywords
Citation