Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Audio Visual Kelas X UPTD SMA Negeri 1 Alu

No Thumbnail Available
Date
2025-12-04
Authors
Syarifah Bayang Ratu
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN MAJENE
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis audio visual kelas X UPTD SMA Negeri 1 Alu. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) kebutuhan meedia pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas X UPTD SMA Negeri 1 Alu, (2) kevalidan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis audio visual kelas X UPTD SMA Negeri 1 Alu, (3) kepraktisan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis audio visual kelas X UPTD SMA Negeri 1 Alu, (4) keefektifan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis audio visual kelas X UPTD SMA Negeri 1 Alu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan (ADDIE), yaitu: Analys (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek pada penelitian ini yaitu ahli media, ahli materi, guru PAI dan objek penelitian ini yaitu peserta didik kelas x merdeka 1 dan 2 dengan jumlah keseluruhan 39. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Analisis kebutuhan bahwa peserta didik membutuhkan pembelajaran PAI yang interaktif dengan dukungan media audio visual yang menarik dan mudah diakses agar lebih termotivasi, memahami materi dengan baik, serta mampu mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Mereka menginginkan media yang menampilkan gambar bergerak, warna menarik, suara jernih, teks yang jelas, dan durasi yang sesuai. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis audio visual dirancang berdasarkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik agar pembelajaran menjadi lebih optomal. 2). Hasil kevalidan media memperoleh persentase pada validasi media yaitu 100% dan ahli materi memberikan nilai rata-rata 82,5% atau keduanya masuk kriteria sangat valid. dan 3). Hasil Kepraktisan media berbasis audio visual pada guru PAI memperoleh persentase 96,42% dengan kriteria praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis audio visual pada materi menghindari sikap marah (ghadab), membiasakan kontrol diri, dan berani membela kebenaran ini valid untuk digunakan di sekolah. Bahkan hasil dari uji coba terbatas pada 10 peserta didik dengan rata-rata persentase 91% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan 4).
Description
Keywords
Citation