Implementasi Metode Small Group Discussion dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI MAN 1 Majene

No Thumbnail Available
Date
2025-12-04
Authors
Maslawati
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN MAJENE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas Eksperimen yang menerapkan Metode Small Group Discussion pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MAN 1 Majene, (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara Kelas Kontrol dan Eksperimen setelah implementasi Metode Small Group Discussion pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MAN 1 Majene. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Peneliti memperoleh sumber data dari pemberian Tes esai kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen pada Pretest berada di kategori kurang dan cukup dengan rata-rata 42.727, kemudian mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada Posttest dengan rata-rata 89.92, (2) Berdasarkan analisis statistik yang telah dilakukan menggunakan SPSS, hasil Uji Mann-Whitney U menunjukkan nilai signifikansi (Asymp. Sig. (2-tailed)) sebesar 0,000. Dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05, dapat diketahui bahwa nilai p-value = 0,000 < 0,05. Ini berarti Hipotesis Nol (H0 ) ditolak dan Hipotesis Alternatif (H1 ) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis antara peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan angka kenaikan skor Kelas Eksperimen (47.20) yang signifikan lebih tinggi dibandingkan kenaikan skor Kelas Kontrol (36.48). Kata Kunci: Small Group Discussion, Kemampuan berpikir kritis, Akidah Akhlak
Description
Keywords
Citation