Pengaruh Penerapan Metode Sabaq Sabqi Manzil terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik di SMP IT Tahfidzul Qur’an Lembang.

No Thumbnail Available
Date
2025-12-24
Authors
Ikhsan Hamza
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN MAJENE
Abstract
ABSTRAK Nama : Ikhsan Hamza Nim : 10156121171 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Pengaruh Penerapan Metode Sabaq Sabqi Manzil terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik di SMP IT Tahfidzul Qur’an Lembang. Tingginya motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik di SMP IT Tahfidzul Qur’an Lembang menjadi salah satu capaian yang patut diapresiasi. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta didik yang mengikuti program hafalan mampu mencapai target yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Kondisi ini menunjukkan adanya pengaruh dari penerapan metode Sabaq Sabqi Manzil yang digunakan dalam proses pembelajaran Tahfiz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Sabaq Sabqi Manzil terhadap motivasi menghafal Al- Qur’an peserta didik, serta mendeskripsikan tingkat motivasi yang dimiliki peserta didik selama metode ini diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif dengan jenis penelitian ex post facto. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP IT Tahfidzul Qur’an Lembang sebanyak 26 orang yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan regresi linear sederhana menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Sabaq Sabqi Manzil berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata mean sebesar 3,31, sedangkan motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata mean sebesar 3,43. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa penerapan metode Sabaq Sabqi Manzil berpengaruh signifikan terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,262, yang berarti penerapan metode ini memberikan kontribusi sebesar 26,2% terhadap variasi motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Sabaq Sabqi Manzil berpengaruh terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik di SMP IT Tahfidzul Qur’an Lembang. Kata Kunci: Metode Sabaq Sabqi Manzil, Motivasi Menghafal Al-Qur’an, SMP IT Tahfidzul Qur’an Lembang.
Description
Keywords
Citation