Penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan k literasi digital skill pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX MTs Guppi Majene

No Thumbnail Available
Date
2025-12-24
Authors
Husnia
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN MAJENE
Abstract
ABSTRAK Nama : Husnia NIM : 10156129228 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan k literasi digital skill pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX MTs Guppi Majene Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah penerapan model project based learning dalam meningkatkan literasi digital skill peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Guppi Majene. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana literasi digital skill peserta didik sebelum menerapkan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Guppi Majene (2) Bagaimana literasi digital skill peserta didik setelah menerapkan model pelajaran project based learning pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX MTs Guppi (3) Apakah model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan literasi digital skill peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Guppi Majene. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yaitu desain One-Group Prestest-Posttest. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX di MTs Guppi Majene dengan jumlah 22 orang peserta didik, sedangkan sampel penelitian adalah juga seluruh peserta didik kelas IX. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel karena jumlah populasi kurang dari 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan instrumennya adalah lembar kuesioner pretest dan posttest dengan menggunakan teknik analisis data, yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji normalitas serta uji-t test (paired samples test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) literasi digital skill peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran project based learning pada ma ta pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Guppi Majene berada dalam kategori sedang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan perhitungan dengan menggunkan skala likert memperoleh hasil nilai rata-rata 3,05. (2) literasi digital skill peserta didik setelah penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Guppi Majene berada dalam kategori tinggi. Hal ini dapat diketahui berdasarkan perhitungan dengan menggunkan skala likert memperoleh hasil nilai rata-rata 3,42. (3) penerapan model pembelajaran project based leaning dapat meningkatkan literasi digital skill peserta didik, dengan hasil uji paired samples test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,007 kurang dari 0,05 atau 0,007 < dari 0,05, Jadi dapat disimpulkan bahwasanya H1 diterima dan H0 ditolak, artinya penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kemampuam literasi digital skill peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX MTs Guppi Majene.
Description
Keywords
Citation