IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) TAHFIDZUL QUR’AN MAJENE
IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) TAHFIDZUL QUR’AN MAJENE
No Thumbnail Available
Date
2022
Authors
HASRAN
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
REPOSITORI STAIN MAJENE
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) di SDIT Tahfidzul Qur’an Majene, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode Ummi (3) Bagaimana hasil penerapan metode Ummi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik tringulasi sumber, ketekunan pengamatan dan penggunaan bahan referensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Ummi terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun faktor pendukung yaitu sarana dan prasarana, kontrol dari lembaga, kerja sama orang tua, guru bersertifikasi, antusias peserta didik, dan kemampuan peserta didik. Faktor penghambat yaitu Covid-19, peserta didik kurang disiplin, kurangnya guru Ummi bersertifikasi, dan waktu pembelajaran yang kurang efektif. Hasil metode Ummi dalam pembelajaran BTQ sangat berdampak terhadap kemampuan peserta didik dalam membaca al-Qur’an.