HUBUNGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KECERDASAN EMOSI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 MAJENE
HUBUNGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KECERDASAN EMOSI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 MAJENE
No Thumbnail Available
Date
2024-05-13
Authors
ARFA
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
STAIN MAJENE
Abstract
ABSTRAK
Nama : Arfah
Nim : 10156118043
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Judul : Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasam Emosi Peserta Didik di SMA Negeri 2 Majene
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana hubungan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosi peserta didik di SMA Negeri 2 Majene. Jenis penelitian ini adalah field research, kuantitatif, menggunakan metode korelasional. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Majene. pendekatan penelitian adalah korelasional.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Adapun pengumpulan data adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran pendidikan Agama Islam peserta didik di SMA Negeri 2 Majene mendapatkan nilai rat-rata sebesar 63.7167, hasil analisis data 51.55% berada pada kategori sedang. (2) Kecerdasan emosi peserta didik di SMA Negeri 2 Majene mendapatkan nilai rata-rata sebesar 63.9500, hasil analisis data 38.33% berada pada kategori tinggi. (3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan nilai signifikansi 0.001< 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang memiliki arti bahwa terdapat hubungan pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosi peserta didik di SMA Negeri 2 Majene.
Kata Kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Kecerdasan Emosi.