IMPLEMENTASI RETORIKA ARISTOTELES DALAM PROGRAM MUHADARAH DI PONDOK PESANTREN IHYAUL ULUM DDI BARUGA

No Thumbnail Available
Date
2024-05-17
Authors
NURMADINAH
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
STAIN MAJENE
Abstract
ABSTRAK Nama : Nurmadinah Nim : 30356119060 Program Studi : Komunikasi dan Penyiaran Islam Judul : Implementasi Retorika Aristoteles dalam Program Muhadarah di Pondok Pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi retorika Aristoteles dalam program muhadarah di pondok pesantren DDI Baruga. Adapun beberapa rumusan masalah yang ingin dikaji peneliti adalah (1) Bagaimana implementasi retorika Aristoteles dalam program Muhadarah di Pondok pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat Implementasi retorika Aristoteles dalam program Muhadarah di Pondok pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan dakwah dan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Pembina Muhadarah, Santri dan Santriwati. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa; 1. Bentuk implementasi ethos yang diterapkan di Pondok Pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga, yaitu dengan tabe’ saat hendak maju diatas mimbar, menuturkan perkataan dengan lemah lembut, dan memperhatikan pesan yang akan disampaikan kepada khalayak Sedangkan implementasi pathos yang diterapkan di Pondok Pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga yaitu mulai dari memperhatikan pesan, mengontrol cara komunikasi dan mengatur nada tinggi rendahnya volume suara. Terakhir, bentuk implementasi logos bahwa selain memperhatikan pesan dakwah yang sejalan dengan tema yang dibawakan dan menyampaikan pesan berdasarkan logika juga, ada pelatihan khusus diluar program muhadarah yang berkaitan dengan logos. 2. Adapun peluang dalam penelitian ini diantara lain; Pelaksanaan program muhadarah secara rutin/terjadwal, pelaksanaan lomba ceramah setiap semester, motivasi yang kuat dari Pembina dan Lingkungan yang suportif, sedangkan tantangannya; Kurangnya motivasi pada pribadi santri, pengkarifikasian santri mukim dan nonmukim dan tidak adanya modul pelatihan. Kata kunci : Ethos, Logos dan Pathos
Description
Keywords
Citation