PENERAPAN PROGRAM TARBIYAH ISLAMIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VI SD ISLAM TERPADU TAHFIDZUL QURAN DI MAJENE
PENERAPAN PROGRAM TARBIYAH ISLAMIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VI SD ISLAM TERPADU TAHFIDZUL QURAN DI MAJENE
No Thumbnail Available
Date
2024-10-29
Authors
NUR AULIA
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN Majene
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagusnya karakter peserta didik di SDIT
Tahfidzul Qur’an seperti karakter jujur, disiplin, gemar membaca dan tanggung
jawab. Oleh karena itu, peneliti mengambil judul yang terkait dengan karakter
peserta didik melalui kegiatan program tarbiyah Islamiyah. Tarbiyah Islamiyah
dilaksanakan setiap hari Rabu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penerapanprogram tarbiyah Islamiyah Dalam Pembentukan Karakter Peserta
Didik.
Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus,
lokasi penelitian di SD Islam Terpadu Tahfidzul Quran Di Majene. Dan yang
menjadi informasi dalam penelitian ini yakni kepala sekolahSDIT Tahfidzul
Quran Majene, dan murabbi/murabbiya tarbiyah Islamiyah. Peneliti memperoleh
data dari dua sumber yaitu melalui observasi dan wawancara.
Penelitian ini dilakukan denganmenggunakan jenis penelitian kualitatif
untuk melihat dan mengungkapkan suatu kondisi ataupun sebuah objek
berdasarkan data lapangan prosedur penelitian kualitatif ini, menghasilkan data
deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang
diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan yaitu bagaimana penerapan tarbiyah
Islamiyah dalam membentuk karakter peserta didik adalah pada kegiatan awal
adanya menyetor hafalan peserta didik. adapun kegiatan inti meliputi tahsinul
qira’ah/ tahsin bersama, adanya tausiyah dari murabbi/murabbiya dan
memberikan meteri yang meliputi akhlak anak Islam, ibadah praktis, akidah Islam
dan sirah nabawi. Sedangkan penutup murabbi dan mutarabbi bersama-sama
membaca kafaratul majelis. Tarbiyah Islamiyah dibagi menjadi tiga yaitu 1)
tarbiyah ruhiyah yaitu memberikan materi kepada santri-santriwati seperti
kiyamul lail, sholat berjamaah, tilawah dan tadabbur al-qur’an dan dzikir. 2)
tarbiyah akhliyah memberikan pemahaman kepada santri-santriwati seperti tauhid,
akidah Islam dan fiqh ibadah. 3) tarbiyah jazadiyah berupa kegiatan jazadiyah
seperti lomba lari, senam, sepak bola dan rihlah.