PENERAPAN PROGRAM TARBIYAH ISLAMIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VI SD ISLAM TERPADU TAHFIDZUL QURAN DI MAJENE

No Thumbnail Available
Date
2024-10-29
Authors
NUR AULIA
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN Majene
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagusnya karakter peserta didik di SDIT Tahfidzul Qur’an seperti karakter jujur, disiplin, gemar membaca dan tanggung jawab. Oleh karena itu, peneliti mengambil judul yang terkait dengan karakter peserta didik melalui kegiatan program tarbiyah Islamiyah. Tarbiyah Islamiyah dilaksanakan setiap hari Rabu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapanprogram tarbiyah Islamiyah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus, lokasi penelitian di SD Islam Terpadu Tahfidzul Quran Di Majene. Dan yang menjadi informasi dalam penelitian ini yakni kepala sekolahSDIT Tahfidzul Quran Majene, dan murabbi/murabbiya tarbiyah Islamiyah. Peneliti memperoleh data dari dua sumber yaitu melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan denganmenggunakan jenis penelitian kualitatif untuk melihat dan mengungkapkan suatu kondisi ataupun sebuah objek berdasarkan data lapangan prosedur penelitian kualitatif ini, menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan yaitu bagaimana penerapan tarbiyah Islamiyah dalam membentuk karakter peserta didik adalah pada kegiatan awal adanya menyetor hafalan peserta didik. adapun kegiatan inti meliputi tahsinul qira’ah/ tahsin bersama, adanya tausiyah dari murabbi/murabbiya dan memberikan meteri yang meliputi akhlak anak Islam, ibadah praktis, akidah Islam dan sirah nabawi. Sedangkan penutup murabbi dan mutarabbi bersama-sama membaca kafaratul majelis. Tarbiyah Islamiyah dibagi menjadi tiga yaitu 1) tarbiyah ruhiyah yaitu memberikan materi kepada santri-santriwati seperti kiyamul lail, sholat berjamaah, tilawah dan tadabbur al-qur’an dan dzikir. 2) tarbiyah akhliyah memberikan pemahaman kepada santri-santriwati seperti tauhid, akidah Islam dan fiqh ibadah. 3) tarbiyah jazadiyah berupa kegiatan jazadiyah seperti lomba lari, senam, sepak bola dan rihlah.
Description
Keywords
Citation