IMPLEMENTASI NILAI TASAMUH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 CAMPALAGIAN

No Thumbnail Available
Date
2024-10-29
Authors
NURLINDA
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN Majene
Abstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi nilai tasamuh dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Campalagian dengan rumusan masalah: 1. Bagaimana implementasi nilai tasamuh dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Campalagian. 2. Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai tasamuh dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Campalagian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, kemudian pendekatan yang dilakukan dengan memakai pendekatan fenomenologi, lalu sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun instrumen sebagai suatu alat yang digunakan untuk mengukur fenomena dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Kemudian Menyusun pedoman wawancara yang berisi pertanyaan, serta pedoman observasi dan beberapa dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi nilai tasamuh dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Campalagian diimplementasikan melalui Implementasi nilai tasamuh melalui saling percaya, saling menghargai dan menghormati, terbuka dalam berpikir, apresiasi dan interdependensi, serta guru bersikap adil dan tidak membeda-bedakan seluruh peserta didik. Faktor pendukung yaitu, kegiatan keagamaan, kepribadian peserta didik, bahan ajar yang mendukung, dan kompetensi guru. Faktor penghambat yaitu antusiasme peserta didik yang berbeda-beda.
Description
Keywords
Citation