Implementasi Metode Pembelajaran Cerdas, Cermat, Cepat, dan Tepat (C3T) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAS PPPA Guppi Rangas
Implementasi Metode Pembelajaran Cerdas, Cermat, Cepat, dan Tepat (C3T) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAS PPPA Guppi Rangas
No Thumbnail Available
Date
2025-03-03
Authors
Nurul Amiqa
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository SATAIN MAJENE
Abstract
ABSTRAK
Nama : Nurul Amiqa
NIM : 10156120118
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Implementasi Metode Pembelajaran Cerdas, Cermat, Cepat, dan Tepat (C3T) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAS PPPA Guppi Rangas
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keaktifan belajar peserta didik Kelas XI MIPA pada mata pelajaran Akidah Akhlak sebelum penerapan Metode Cerdas, Cermat Cepat dan Tepat (C3T) di MAS PPPA Guppi Rangas, (2) Keaktifan belajar peserta didik Kelas XI MIPA pada mata pelajaran Akidah Akhlak setelah penerapan Metode Cerdas, Cermat Cepat dan Tepat (C3T) di MAS PPPA Guppi Rangas, (3) Apakah terdapat peningkatan keaktifan belajar peserta didik Kelas XI MIPA pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAS PPPA Guppi Rangas dengan menggunakan metode Cerdas, Cermat Cepat dan Tepat (C3T).
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yaitu desain One-Group Prestest-Posttest. peneliti memperoleh sumber data dari pembagian kuesioner kepada peserta didik.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan belajar peserta didik sebelum penerapan metode pembelajaran C3T pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MIPA di MAS PPPA Guppi Rangas berada dalam kategori rendah. Hal ini dapat diketahui berdasarkan perhitungan dengan menggunkan skala likert memperoleh hasil nilai rata-rata 2,28. (2) Keaktifan belajar peserta didik setelah penerapan metode pembelajaran C3T pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MIPA di MAS PPPA Guppi Rangas berada dalam kategori sangat tinggi. Hal ini dapat diketahui berdasarkan perhitungan dengan menggunkan skala likert memperoleh hasil nilai rata-rata 4,41. (3) Hasil uji hipotesis dengan menggunakan SPSS menunjukkan nilai sig. 0,000 dengan menggunakan taraf sig. 0,05, sehingga dapat diketahui bahwa nilai P Value = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode pembelajaran C3T pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MIPA di MAS PPPA Guppi Rangas dapat meningkatkan keaktifan belajar.
Kata Kunci : Metode Cerdas, Cermat Cepat dan Tepat (C3T), Keaktifan Belajar