EFEKTIVITAS PENDEKATAN INTEGRATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS.BPII PAMBOANG

No Thumbnail Available
Date
2025-03-03
Authors
SRI DEWI
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN Majene
Abstract
ABSTRAK Nama : SRI DEWI NIM 10156119203 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Efektivitas Pendekatan Integratif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Mts Bpii Pamboang Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah penerapan pendekatan integratif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pemalajaran akidah akhlak kelas VIII MTs. BPII Pamboang. Jenis penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang memperoleh data berdasarkan lapangan. Prosedur penelitian kuantitatif ini, menghasilkan data berupa angka yang diperoleh dari respomden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test tertulis, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan integratif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs. BPII Pamboang. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan uji pre test menunjukkan bahwa dari 23 peserta didik terdapat 14 yang mendapatkan hasil kurang dengan presentse 60,87%, sedangkan 9 peserta didik yang mendapatkan hasil cukup dengan hasil presentase 39,13%, dan tidak ada peserta didik yang memiliki hasil kriteria baik dan sangat baik. Hasil uji ini pos test menunjukkan bahwa dari 23 peserta didik terdapat 14 yang mendapatkab hasil cukup dengan presentase 60,87%, sedangkan 9 peserta didik mendapatkan hasil baik dengan presentse 39,13%, dan tidak ada peserta didik yang mendapatkan hasil dengan kriteria kurang dan sangat baik. Penerapa pendekatan integratif memiliki peningkatan dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai sig 2 – tailed sebesar 0,000 < 0,005, sehingga hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak, artinya bahwa penerapan pendekatan integratif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs. BPII Pamboang. Kata Kunci: Pendekatan Integratif, Hasil Belajar
Description
Keywords
Citation