IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN SURAT UNTUKSAHABAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI DKV 1 SMK NEGERI 5 MAJENE
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN SURAT UNTUKSAHABAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI DKV 1 SMK NEGERI 5 MAJENE
No Thumbnail Available
Date
2025-05-06
Authors
Nurul Faizatun
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN MAJENE
Abstract
ABSTRAK Nama NIM Program Studi Judul : Nurul Faizatun : 10156119192 : Pendidikan Agama Islam : Implementasi Strategi Pembelajaran Surat untuk Sahabat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI DKV 1 SMK Negeri 5 Majene Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum penerapan strategi pembelajaran surat untuk sahabat di kelas XI DKV1 SMK Negeri 5 Majene; 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah penerapan strategi pembelajaran surat untuk sahabat di kelas XI DKV1 SMK Negeri 5 Majene; dan 3) Untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran surat untuk sahabat dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI DKV1 SMK Negeri 5 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre- ekperimental bentuk the one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI DKV 1 SMK Negeri 5 Majene sekaligus menjadi sampel yang berjumlah 27 orang yang di ambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh (sampel total). Adapun teknik analisis data yang digunakan penelitian ini ialah teknik analisis data deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas XI DKV 1 pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum menerapkan strategi pembelajaran surat untuk sahabat di SMK Negeri 5 Majene ditemukan seluruh peserta didik berada pada kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata 60,35 dengan persentase 100%. Sedangkan hasil hitung setelah penerapan strategi pembelajaran surat untuk sahabat berada pada kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata 66,51 dengan persentase 63% . Selanjutnya, hasil uji hipotesis yang menggunakan uji paired samples t-test pada kelas XI DKV 1 dengan menerapkan strategi pembelajaran surat untuk sahabat diperoleh nilai sig.= 0.000. maka dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa stratgei pembelajaran surat untuk sahabat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI DKV 1 SMK Negeri 5 Majene. Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis sig = 0,000. ii