PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA NEGERI 2 MAJENE
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA NEGERI 2 MAJENE
No Thumbnail Available
Date
2025-06-24
Authors
HASRIADI
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN Majene
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran
guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMA
Negeri 2 Majene, (2) Apa faktor Pendukung dan Penghambat dalam Peran
Pembentukan Karakter disiplin siswa di SMA Negeri 2 Majene.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang membangun makna
berdasarkan data lapangan. Prosedur penelitian kualitatif ini, menghasilkan data
deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang
didapat diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi,
wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan
makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut diambil
kesimpulan. Hasil pengamatan dari Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di SMA Negeri 2 Majene. Setelah dilakukan
penelitian melalui wawancara dan observasi maka ditemukan peran-peran guru
pendidikan agama Islam, diantaranya sebagai pendidik akan tetapi masih belum
secara maksimal menanamkan karakter disiplin kepada siswanya, guru sebagai model
teladan sudah mampu memberikan contoh keteladanan, dan guru sebagai motivator
juga mampu memberikan motivasi, mengajarkan tanggung jawab, seperrti
bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diberikan, dan kehadiran di sekolah.
Adapun faktor pendukung di antaranya yaitu semua tenaga pendidik dan
kependidikan yang ada di sekolah salah satu bentuk kedisiplinan yang diterapkan
seperti bagaimana pakaiannya apa sudah rapi dan apakah rambutnya panjang,
sedangkan faktor penghambat dari dalam yaitu masih kurangnya guru Pendidikan
Agama Islam membuat siswa kurang disiplin. sedangkan factor dari luar yaitu
pergaulan bebas atau pergaulan yang ada di lingkungan siswa, lalu sifat buruknya di
bawa masuk ke lingkungan sekolah.