IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TIMELINE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VII C MTS PPPA GUPPI RANGAS KABUPATEN MAJENE

No Thumbnail Available
Date
2025-06-25
Authors
ASMAYANTI
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN Majene
Abstract
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tingkat pemahaman peserta didik sebelum penerapan metode timeline dalam pembelajaran SKI di kelas VII C MTs PPPA Guppi Rangas Kabupaten Majene. (2) Bagaimana tingkat pemahaman peserta didik setelah penerapan metode timeline dalam pembelajaran SKI di kelas VII C MTs PPPA Guppi Rangas Kabupaten Majene. (3) Apakah metode timeline efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran SKI di kelas VII C MTs PPPA Guppi Rangas Kabupaten Majene. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan membagikan soal pre-test dan post-test kepada peserta didik serta observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini yaitu sebelum penerapan metode timeline, hasil belajar peserta didik berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata sebesar 43,63 dan setelah penerapan metode timeline, hasil belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 76,81. Hal ini menunjukkan bahwa Implementasi metode pembelajaran timeline dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Hal ini ditandai dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05 yang menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah penerapan metode timeline.
Description
Keywords
Citation