Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 7 Satu Atap Baurung Majene.
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 7 Satu Atap Baurung Majene.
No Thumbnail Available
Date
2025-11-27
Authors
Akram
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN MAJENE
Abstract
ABSTRAK
Nama : AKRAM
Nim : 10156121062
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam
Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP
Negeri 7 Satu Atap Baurung Majene.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) minat belajar peserta didik
sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam
meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) di SMP Negeri 7 Satu Atap Baurung Majene. 2) minat belajar peserta
didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam
meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) di SMP Negeri 7 Satu Atap Baurung Majene. 3) terdapat tidaknya
minat belajar peserta didik sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 7 Satu Atap Baurung
Majene. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar peserta didik
yang ditunjukkan dengan kurangnya perhatian, keterlibatan, dan antusiasme dalam
mengikuti pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-
eksperimental one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh
peserta didik kelas IX A dan digunakan sebagai sampel dengan Teknik sampling
total. Sampel penelitian berjumlah 32 peserta didik kelas IX A dengan te. Instrumen
yang digunakan berupa angket minat belajar dan dianalisis menggunakan uji
statistik paired sample t-test dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat belajar peserta didik
sebelum penerapan model kooperatif tipe jigsaw berada pada kategori sedang
dengan skor rata-rata 3,26. 2) minat belajar peserta didik Setelah penerapan model
kooperatif tipe jigsaw diperoleh skor rata-rata 4,09 yang berada pada kategori
tinggi. 3) terdapat perbedaan antara hasil minat belajar peserta didik sebelum dan
setelah penerapan kooperatif tipe jigsaw berdasarkan hasil uji statistik paired
sample t-test yang diperoleh dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, sehingga
hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal tersebut
menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat
meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 7 Satu Atap Baurung Majene
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, jigsaw, minat belajar, Pendidikan
Agama Islam.