Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca a l-Qur‟an Peserta Didik di SMK Negeri 5 Majene
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca a l-Qur‟an Peserta Didik di SMK Negeri 5 Majene
No Thumbnail Available
Date
2025-12-09
Authors
Risnawati Tahir
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN MAJENE
Abstract
Kesulitan membaca al-Qur‟an masih menjadi tantangan bagi peserta didik
kelas X DKV 1 di SMK Negeri 5 Majene, terutama dalam aspek kelancaran,
penerapan tajwid, dan pengenalan huruf serta tanda baca. Penelitian ini bertujuan
untuk mengedentifikasi bentuk kesulitan yang dihadapai oleh peserta didik serta
upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mengatasinya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
Data diperoleh melalui wawancara dengan guru PAI dan peserta didik, serta
dokementasi dari sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI
menerapkan berbagai strategi, seperti metode iqra‟, pendekatan individual,
pembiasan membaca di awal pembelajaran, serta bimbingan dalam organisasi
Rohis dan tutor sebaya. Selain itu, guru memberikan motivasi untuk
meningkatkan kepercayaan diri para peserta didik. Uapaya-upaya tersebut terbukti
membantu mengurangi kesulitan membaca al-Qur‟an, meskipun tantangan dalam
aspek teknis dan psikologis masih perlu mendapat perhatian lebih lanjut.
Kata kunci: Kesulitan Membaca Al-Qur‟an, Guru Pai, Metode Pembelajan