Penerapan Media Pembelajaran Media Strip Story pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV A MI Nuhiyah Pambusuang.
Penerapan Media Pembelajaran Media Strip Story pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV A MI Nuhiyah Pambusuang.
No Thumbnail Available
Date
2025-12-24
Authors
Nur Faika Syahrir
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN MAJENE
Abstract
ABSTRAK
Nama : Nur Faika Syahrir
Nim : 10156120028
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerapan Media Pembelajaran Media Strip Story
pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
(SKI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik kelas IV A MI Nuhiyah Pambusuang.
Skripsi ini membahas tentang penerapan media pembelajaran media strip
story pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik kelas IV A mi nuhiyah pambusuang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar
peserta didik sebelum diterapkannya media pembelajaran Strip Story pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Nuhiyah Pambusuang. (2) Mengetahui
bagaimana gambaran hasil belajar dari peserta didik setelah diterapkannya media
pembelajaran Strip Story pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI
Nuhiyah Pambusuang. (3) Mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar
sebelum dan setelah penerapan media pembelajaran strip story pada mata
pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Nuhiyah Pambusuang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan
eksperimen, yaitu desain One-Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian
ini adalah 19 peserta didik dan sampel penelitian ini, menggunakan teknik
nonprobability sampling yaitu sampel jenuh yang berarti seluruh peserta didik
kelas IV A MI Nuhiyah Pambusuang. Teknik pengumpulan data yang digunakan
ialah soal tes. Instrumennya ialah lembar soal pre-test dan post-test dengan
menggunakan teknik analisis data, yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik
inferensial dengan menggunakan uji-t test (paired samples test).
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: (1) Hasil belajar peserta
didik sebelum penerapan media pembelajaran strip story diperoleh nilai rata-rata
sebesar 31,65 yang termasuk dalam kategori rendah dengan nilai peserta didik
yang paling tinggi 40 dan nilai paling rendah 13. (2) Hasil belajar peserta didik
setelah penerapan media pembelajaran strip story diperoleh nilai rata-rata sebesar
82,07 yang termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai peserta didik yang paling
tinggi 93 dan nilai paling rendah 47. (3) Penerapan media pembelajaran strip story
bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan hasil uji-t test memperoleh
nilai p - value sebesar 0,000 < dari 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak.
Kata kunci : Strip Story, Hasil Belajar, SKI.