PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 TINAMBUNG

No Thumbnail Available
Date
2022
Authors
ASTIANTI
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
STAIN MAJENE
Abstract
Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Tinambung yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Tinambung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Mia 1 dan XII Mia 2 yang berjumlah 61 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini angket dengan menggunakan data hasil analisis deskriptif dan analis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Tinambung dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana maka diperoleh nilai F hitung = 178489.8 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Maka hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis (H1). Implikasi penyusun dalam penelitian ini agar pembelajaran menggunakan model pembelajaran PAIKEM dapat digunakan secara efektif agar motivasi belajar peserta didik tetap meningkat. Guru dan peserta didik dapat bekerja sama dengan baik dalam proses pembelajaran agar motivasi belajar peserta didik semakin meningkat.
Description
Keywords
Citation