PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII B DI MTs DDI MAJENE
PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII B DI MTs DDI MAJENE
No Thumbnail Available
Date
2024-07-03
Authors
NUR AENI
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN MAJENE
Abstract
ABSTRAK
Nama : Nur Aeni
Nim : 10156118059
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Judul : Penggunaan Media Visual DalamMeningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII B DiMTs DDI Majene
Skripsi ini membahas tentangPenggunaan media visual dalam Proses Pembelajaran Fikih pada Peserta Didik Kelas VIII B di MTs DDI Majene, dilatar belakangi oleh adanya beberapa peserta didik yang tergolong kurang aktif dalam pelajaran Fikih. Ketepatan dalam menerapkan media untuk kegiatan pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dari keberhasilan kegiatan pembelajaran.
Permasalahan ini dimaksudkan untuk menjawab: (1) Bagaimana langkah-langkah penggunaan penggunaan media visual dalam Proses Pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran Fikih Kelas VIII B di MTs DDI Majene, (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik kelas VIII B pada mata pelajaran Fikih di MTs DDI Majene, (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media visual pada mata pelajaran Fikih Kelas VIII B di MTs DDI Majene.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Prosedur pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil: (1).Langkah-langkah Pelaksanaanpembelajaran dengan menggunakan media visual dalam proses pembelajaran fikih pada peserta didik kelas VIII B di MTs DDI Majene dilaksanakan mulai dari perencanaan dan pelaksanaan, dimana pelaksanaan meliputi: pendahuluan, inti, dan penutup. (2) Hasil belajar peserta didik kelas VIII B pada mata pelajaran Fikih di MTs DDI Majene. (3) Faktor pendukung dan penghambat yaitu: Faktor pendudukung diantaranya, adanya kemampuan pedagogik yang dimiliki guru dalam menggunakan media visual dalam pembelajaran fikih serta adanya antusias atau keaktifan peserta didik yang selalu bersemangat dan bergairah dalam mengikuti pembelajaran fikih dengan menggunakanmedia visual. Kemudian untuk faktor penghambatanya adalah sarana dan prasarana serta alokasi waktu yang kurang memadai.
Kata Kunci : Media visual, Pembelajaran Fikihdan Hasil Belajar