Analisis Penerapan Metode Kisah dalam Menumbuhkan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada Peserta Didik MTS Muhammadiyah Pelattoang.
Analisis Penerapan Metode Kisah dalam Menumbuhkan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada Peserta Didik MTS Muhammadiyah Pelattoang.
No Thumbnail Available
Date
2025-12-04
Authors
Ahmad Akbar
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN MAJENE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis penerapan metode kisah
dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI) dan (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat
dalam penerapan metode kisah di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah
Pelattoang khususnya dikelas VIII. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada
rendahnya minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran SKI yang cenderung
bersifat hafalan dan kurang menarik, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran
yang menyentuh aspek emosional dan spiritual peserta didik. Metode kisah dinilai
efektif karena mampu menyampaikan materi pembelajaran secara naratif,
menyentuh emosi, dan menanamkan nilai-nilai moral melalui tokoh dan peristiwa
sejarah Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran SKI dan peserta didik
kelas VIII.A.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kisah diterapkan melalui tiga
tahapan, yaitu pendahuluan (apersepsi dan pemantik), inti (penyampaian cerita
secara ekspresif dan kontekstual), dan penutup (refleksi dan tanya jawab). Media
pembelajaran seperti gambar dan video juga digunakan meski terbatas. Minat
belajar peserta didik meningkat dilihat dari perhatian, keterlibatan aktif, rasa
senang, dan ketertarikan terhadap materi. Faktor pendukung dalam penerapan
metode ini meliputi kreativitas guru dan relevansi materi kisah, sementara faktor
penghambatnya antara lain keterbatasan waktu dan sarana. Dengan demikian,
penerapan metode kisah terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar SKI
peserta didik di MTs Muhammadiyah Pelattoang dan direkomendasikan untuk
digunakan secara lebih luas dalam pembelajaran agama Islam.
Kata Kunci: Metode Kisah, Minat Belajar SKI Peserta didik.