STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS THE ENGLISH PODCASTS USE IN LEARNING LISTENING SKILLS: A STUDY AT 4TH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT STAIN MAJENE
STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS THE ENGLISH PODCASTS USE IN LEARNING LISTENING SKILLS: A STUDY AT 4TH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT STAIN MAJENE
No Thumbnail Available
Date
2025-02-20
Authors
NABILA SAKINA
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Repository STAIN Majene
Abstract
Penggunaan podcast dalam pembelajaran bahasa Inggris telah menjadi
salah satu alternatif untuk memberikan variasi dalam pembelajaran selain dari
bahan ajar konvensional seperti buku teks dan rekaman audio di kelas. Podcast
bahasa Inggris tersebut sudah sering digunakan di STAIN Majene untuk
melakukan proses belajar mengajar khusunya dalam mata kuliah listening.
Masalah yang ingin diteliti adalah apakah mahasiswa merasakan manfaat,
tantangan, atau mungkin kendala dalam menggunakan podcast sebagai media
untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan mendengarkan serta seberapa
efektif penggunaannya, serta sikap mahasiswa terhadap integrasi teknologi ini
dalam proses belajar mengajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan podcast
bahasa Inggris dalam pembelajaran keterampilan mendengarkan. Dalam
penelitian ini peneliti, menggunakan pendekatan kualitatif fenomenology, data
dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Sampel penelitian ini adalah
mahasiswa prodi Tadris bahasa Inggris semester 4 STAIN Majene. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan
podcast dalam pembelajaran listening secara umum memberikan persepsi yang
positif. Podcast dianggap sebagai metode pengajaran yang efektif karena
penggunaan teknologi, kemudahan penggunaan, dan kemampuan beradaptasi.
Podcast juga dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan, menambah
kosakata baru, meningkatkan kemampuan pengucapan, speaking, dan tata bahasa
pada mahasiswa. Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, podcast menjadi media
pembelajaran yang praktis, karena menyediakan berbagai topik dan konten yang
mudah diakses melalui platform seperti Spotify dan youtube. Podcast juga
mendukung pengembangan kemampuan pengucapan dan tata bahasa tanpa
memerlukan interaksi langsung dengan penutur asli, sekaligus memberikan
x
paparan terhadap beragam dialek dan kosakata. Sebagai media pembelajaran
berbasis teknologi, podcast dinilai mudah digunakan dan adaptif, sehingga
menjadi alternatif yang efektif dibandingkan metode pengajaran tradisional.
Secara keseluruhan, podcast merupakan alat yang bermanfaat untuk meningkatkan
keterampilan mendengarkan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.