Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 276
  • Item
    Implementasi Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Tinambung
    (Repository STAIN Majene, 2025-08-11) Putri Zakrani
    ABSTRAK Nama : Putri Zakrani NIM : 10156120150 Program Studi: Pendidikan Agama Islam Judul : Implementasi Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Tinambung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) SMA Negeri 1 Tinambung, jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IBB 2 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel semua. Teknik pengumpulan data menggunakan tes angket, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial yang ditempuh dengan uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan paired sampels t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat minat belajar peserta didik pada hasil nilai rata-rata pretest sebesar 57,15 berada pada kategori rendah dan hasil nilai rata-rata untuk posttest adalah 79,9 berada pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran tipe teams games tournamaent (TGT) pada pelajaran PAI kelas XI IBB 2 di SMA Negeri 1 Tinambung. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan paired sampels t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 dengan signifikansi a=0,05 atau 0,00<0,05, yang berarti ada peningkatan yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran tipe teams games tournamaent (TGT) dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat peningkatan minat belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Tinambung Kata Kunci: Model Pembelajaran, Tipe Teams Games Tournament (TGT), Minat belajar
  • Item
    Hambatan Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran PAI Di Sman 2 Majene
    (Repository STAIN Majene, 2025-08-07) Nur Intan Sari
    ABSTRAK Nama : Nur Intan Sari NIM : 10156121025 Program studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Hambatan Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran PAI Di Sman 2 Majene Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah hambatan yang dialami guru dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan solusi yang diterapkan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Majene serta mengeksplorasi solusi yang diterapkan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan utama yang dihadapi guru dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi meliputi penyesuaian terhadap pembelajaran yang veriatif,pengelolaan waktu yang kurang efektif, keterbatasan dalam penggunaan teknologi, minimnya sarana dan prasarana, serta kesulitan dalam pengembangan instrumen dan rubrik penilaian. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru berupaya merancang pembelajaran secara matang, mengoptimalkan pemanfaatan waktu dengan merancang kegiatan yang lebih variatif, mengikuti program Kelompok Belajar (KOMBEL) untuk meningkatkan kompetensi teknologi, memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara maksimal, serta bekerja sama dengan rekan sejawat dalam menyusun instrumen penilaian yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi memerlukan dukungan yang komprehensif, baik dari pihak guru, sekolah, maupun pemerintah. Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Hambatan Guru, Pendidikan Agama Islam.
  • Item
    Analisis Penyebab Terjadinya Prokrastinasi Akademik Mahasiswa PAI Angkatan 2022 di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene. (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif Organisasi)
    (Repository STAIN Majene, 2025-08-07) Rahmawati
    Rahmawati NIM : 10156120084 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Analisis Penyebab Terjadinya Prokrastinasi Akademik Mahasiswa PAI Angkatan 2022 di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene. (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif Organisasi) __________________________________________________________________ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya prokrastinasi akademik pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) angkatan 2022 di STAIN Majene yang aktif dalam organisasi. Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda tugas kuliah yang dapat memengaruhi prestasi belajar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi terhadap dua mahasiswa aktif organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi disebabkan oleh faktor internal seperti kelelahan, kurang motivasi, dan rendahnya percaya diri, serta faktor eksternal seperti padatnya kegiatan organisasi dan gangguan lingkungan. Diperlukan strategi pengelolaan diri dan dukungan lingkungan untuk mengurangi kebiasaan menunda tugas. Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa PAI, Organisasi
  • Item
    Penerapan Strategi Question Student Have dengan Teknik Muddiest Point Terhadap Minat Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMK Islam Poniang
    (Repository STAIN Majene, 2025-08-07) Sinta
    ABSTRAK Nama : Sinta Nim : 10156120223 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Penerapan Strategi Question Student Have dengan Teknik Muddiest Point Terhadap Minat Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMK Islam Poniang Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana minat belajar peserta didik sebelum menggunakan Strategi Question Student Have dengan Teknik Muddiest Point Terhadap Minat Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMK Islam Poniang. (2) Bagaimana minat belajar peserta didik setelah menggunakan Strategi Question Student Have dengan Teknik Muddiest Point Terhadap Minat Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMK Islam Poniang. (3) Apakah terdapat peningkatan setelah Penerapan Strategi Question Student Have dengan Teknik Muddiest Point Terhadap Minat Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMK Islam Poniang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Prosedur penelitian eksperimen ini, menghasilkan data berupa angka atau bilangan yang diperoleh dari responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar soal atau angket minat belajar peserta didik (pretest) dan (post-test). Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas dan Uji-t. Hasil penelitian ini yaitu: Terdapat peningkatan minat belajar peserta didik pada pendidikan Agama Islam Kelas XI SMK Islam Poniang dengan menggunakan strategi question student have dan hasil yang diperoleh penelitian berdasarkan uji paired sample t-test yang menunjukkan bahwa sebelum di berikan perlakuan, terdapat peserta didik yang memiliki minat belajar sangat rendah. hal ini dapat diketahui berdasarkan perhitungan dengan menggunakan skala likert memperoleh hasil nilai rata-rata 54.8667 minat belajar peserta didik setelah penerapan strategi question student have dengan teknik muddiest point terhadap minat belajar pada pembelajaran pendidikan Agama Islam kelas XI SMK Islam Poniang berada dalam kategori tinggi. hal ini dapat diketahui berdasarkan perhitungan dengan menggunakan skala likert memperoleh hasil nilai rata-rata 78.4333 penerapan strategi question student have dengan teknik muddiest point efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yakni nilai 0,000 atau < nilai 0,05. Kata Kunci: Penerapan Strategi Question Student Have dengan Teknik Muddiest Point terhadap minat belajar.
  • Item
    Analisis Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI di MA Nuhiyah Pambusuang.
    (Repository STAIN Majene, 2025-08-07) HAERUNNISA
    ABSTRAK Nama : HAERUNNISA Nim : 10156120016 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Analisis Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI di MA Nuhiyah Pambusuang. Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI Kelas XI IPS di MA Nuhiyah Pambusuang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI di MA Nuhiyah Pambusuang. Adapun lokasi penelitian terletak di MA Nuhiyah Pambusuang, jalan Makassar KM.283 Pambusuang, kelurahan Pambusuang, kecamatan Balanipa, kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran SKI Kelas XI IPSdi MA Nuhiyah Pambusuang adalah disebabkan oleh faktor yang bersumber dari dalam diri peserta didik dan dari luar diri peserta didik. Faktor dari dalam diri peserta didik seperti masalah kesehatan, motivasi peserta didik yang rendah, sikap negatif terhadap mata pelajaran dan dari luar diri peserta didik seperti metode pengajaran guru, suasana kelas yang kurang mendukung, peran orang tua dan lingkungan sosial atau pergaulan. Kata Kunci : minat belajar, peserta didik, ski