Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
1 - 5 of 207
-
ItemHUBUNGAN SIKAP ADAPTIF BUDAYA LOKAL DENGAN SIKAP RADIKALISME MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIN MAJENE(Repository stain majene, 2025-03-03)ABSTRAK Nama : SULEMAN NIM : 10156120187 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Hubungan Sikap Adaptif Budaya Lokal Dengan Sikap Radikalisme Mahasiswa Prodi PAI STAIN Majene Pada penelitian ini memiliki beberapa tujuan, pertama untuk mengetahui tingkat sikap adaptif budaya lokal mahasiswa Prodi pendidikan agama Islam, kedua untuk mengetahui bagaimana tingkat sikap radikalisme mahasiswa Prodi pendidikan agama Islam dan ketiga untuk mengetahui hubungan sikap adaptif budaya lokal dengan sikap radikalisme mahasiswa Prodi pendidikan agama Islam STAIN majene. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa Prodi pendidikan agama Islam angkatan 2020 STAIN Majene, berjumlah 74 dari populasi 234 orang/responden. Adapun instrument pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner. hasil uji korelasi yaitu nilai sig sebesar 0,064 > nilai Alpha (0,05), berarti dikatakan bahwa tidak terdapat korelasi positif dari variabel sikap adaptif budaya lokal dengan sikap radikalisme. Adapun nilai koefisien korelasinya yaitu 0,216. Kata Kunci : Sikap Adaptif Budaya Lokal, Sikap Radikalisme, Mahasiswa
-
ItemEFEKTIVITAS PENDEKATAN INTEGRATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS.BPII PAMBOANG(Repository STAIN Majene, 2025-03-03)ABSTRAK Nama : SRI DEWI NIM 10156119203 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Efektivitas Pendekatan Integratif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Mts Bpii Pamboang Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah penerapan pendekatan integratif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pemalajaran akidah akhlak kelas VIII MTs. BPII Pamboang. Jenis penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang memperoleh data berdasarkan lapangan. Prosedur penelitian kuantitatif ini, menghasilkan data berupa angka yang diperoleh dari respomden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test tertulis, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan integratif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs. BPII Pamboang. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan uji pre test menunjukkan bahwa dari 23 peserta didik terdapat 14 yang mendapatkan hasil kurang dengan presentse 60,87%, sedangkan 9 peserta didik yang mendapatkan hasil cukup dengan hasil presentase 39,13%, dan tidak ada peserta didik yang memiliki hasil kriteria baik dan sangat baik. Hasil uji ini pos test menunjukkan bahwa dari 23 peserta didik terdapat 14 yang mendapatkab hasil cukup dengan presentase 60,87%, sedangkan 9 peserta didik mendapatkan hasil baik dengan presentse 39,13%, dan tidak ada peserta didik yang mendapatkan hasil dengan kriteria kurang dan sangat baik. Penerapa pendekatan integratif memiliki peningkatan dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai sig 2 – tailed sebesar 0,000 < 0,005, sehingga hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak, artinya bahwa penerapan pendekatan integratif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs. BPII Pamboang. Kata Kunci: Pendekatan Integratif, Hasil Belajar
-
ItemPEMANFAATAN APLIKASI ARTIFICIAL INTELIGENCY OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYUSUN MATERI AJAR DI SMA NEGERI 1 MAJENE(Repository STAIN MAJENE, 2025-03-03)ABSTRAK Nama : Sanra NIM : 10156119219 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Pemanfaatan Aplikasi ArtificialInteligency Oleh Guru Pendidkan Agama Islam Dalam Menyusun Materi Ajar Di SMA Negeri 1 Majene Penelitian ini menjelaskan tentangPemanfaatan Aplikasi AI Oleh Guru PAI Dalam Menyusun Materi Ajar. Adapun pokok permasalahannya yaitu 1) Bagaimana pemanfaatan aplikasi AI oleh guru PAI dalam menyusun materi ajar di SMA Negeri 1 Majene , dan 2) Bagaimana pemanfaatan aplikasi AI di SMA Negeri 1 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (field research), yang menekankan pada pemahaman mengenai masalah-masalah dalam kehidupan sosial berdasarkan kondisi realitas atau natural setting yang holistis, kompleks, dan rinci. Adapun informan dalam penelitian ini adalah guru-guru PAI di SMA Negeri 1 Majene. Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa yaituPemanfaatan Aplikasi AI Oleh Guru PAI Dalam Menyusun Materi Ajar Guru PAI di SMA Negeri 1 Majene memanfaatkan aplikasi AI sebagai alat bantu pemblajaran. Guru PAI menggunakan aplikasi AI untuk membantu peserta didik daalam belajar seperti aplikasi simulasi ibadah haji. Aplikasi praktek penyelenggaraan jenazah dan aplikasi AI. Guru PAI di SMA Negeri 1 Majene memanfaatkan aplikasi AIsebagai alat bantu pembelajaran, Guru PAI di SMA Negeri 1 menciptakan konten pembelajaran yang menarik, memberikan upan balik yang cepat dan akurat aplikasiAI di SMA Negeri 1 Majene yaitu guru PAI membuat kurikulum yang lebih fleksibel dan adaftif terhadap kebutuhan siswa. AI juga bisa membantu dalam mengukur efektifitas pembelajaran dan melakukan perbaikan terus-menerus.Penggunaan aplikasi AI di SMA Negeri 1 Majene yaitu guru merancang tugas guru PAI yang kompleks di era AI mengingat siswa bisa dengan mudah mencari jawaban atau informasi yaitu dengan menuntut siswa untuk menganalisis, mengelaborasi, dan mengaplikasikan pengetahuan misalnya tugas membuat kajian islam tentang isu lingkungan hidup disini siswa harus mencari informasi dari berbagai sumber menganalisis berdasarkan al-quran dan hadis lalu merumuskan solusi yang bisa diterapkan dilingkungan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, maka peneliti menawarkan beberapa saran yaitu Guru PAI perlu memiliki kompetensi teknologi pendidikan agar dapat memamfaatkan teknologi secara efektif untuk meningkatklan kualitas pembelajaran dan Guru PAIjuga bisa meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan efisiensi pembelajaran, meningkatkan komunikasi dengan siswa, dan memperluas jangkauan pembelajaran.
-
ItemANALISIS KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING MAHASISWA YANG BERORGANISASI PADA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI STAIN MAJENE(Repository STAIN MAJENE, 2025-03-03)ABSTRAK Nama : Rismawati NIM 10156120188 Program Studi: Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Analisis Kemampuan Public Speaking Mahasiswa yang Berorganisasi pada Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) di STAIN Majene Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan public speaking mahasiswa yang berorganisasi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene. Public speaking merupakan keterampilan berbicara di depan umum yang sangat penting bagi mahasiswa, terutama bagi calon guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Mahasiswa prodi PAI yang aktif dalam organisasi baik di dalam maupun di luar kampus menjadi subjek penelitian ini, karena kelompok mahasiswa ini secara intens mengembangkan kemampuan public speaking melalui kegiatan organisasi mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui tehnik observasi dan wawancara terhadap mahasiswa prodi PAI yang berorganisasi. Triangulasi sumber digunakan untuk memastikan keakuratan dan kevalidan data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang berorganisasi pada prodi PAI memiliki kemampuan public speaking yang baik. Mereka mampu mengatasi ketakutan berbicara di depan umum, menggunakan bahasa tubuh untuk memikat perhatian audiens, serta menguasai topik pembahasan untuk memperkuat argumen mereka. Pengelolaan suara juga digunakan oleh mahasiswa untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif. Faktor-faktor yang mendukung yaitu kesiapan mental, sikap yang tenang, pengelolaan suara, penguasaan topik dan pengalaman. Kemudian faktor penghambatnya yaitu belum terbiasa di depan umum, tidak menguasai materi dan kecemasan yang berlebihan. Kesimpulannya, berorganisasi memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kemampuan public speaking mahasiswa Prodi PAI di STAIN Majene.
-
ItemUPAYA PENGELOLAAN KELAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMPN 3 TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR(Repository STAIN MAJENE, 2025-03-03)ABSTRAK Nama : Rahmayani NIM : 10156118005 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul : Upaya Pengelolaan Kelas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 3 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar Beberapa masalah kejenuhan belajar Peserta didik guru Pendidikan Agama Islam Berupaya Mengatasi kejenuhan belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Upaya Pengelolaan Kelas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif deskriftif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Upaya Pengelolaan Kelas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kejenuhan Belajara Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 3 Tinambung yaitu Guru PAI selalu berupaya mengatasi kejenuhan Peserta Didik dengan cara menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, melakukan pendekatan terhadap peserta didik yaitu pendekatan emosional dan pendekatan keagamaan, dan melakukan evaluasi setiap akhir kegiatan pembelajaran yang dilakukan sebagai umpan balik terhadap proses kegiatan belajar mengajar, yang selanjutnya akan dijadikan sebagai titik tolak untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran selanjutnya. Kata Kunci : Upaya Pengelolaan Kelas, Kejenuhan Belajar, Peserta didik.